PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL BERKUALITAS GURU DENGAN MURID BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Guru dengan Murid Tunarungu di SLB Nurul Iman)

GABRIELLE PASKALIA GULTOM

Informasi Dasar

19.04.1417
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi interpersonal yang berkualitas antara guru dengan murid tunarungu SLB Nurul Iman dalam pemanfaatan media sosial, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung penerapan komunikasi interpersonal dalam pemanfaatan media sosial di SLB Nurul Iman, serta untuk mengetahui dampak apa terjadi pada siswa dalam pemanfaatan media sosial dalam komunikasi interpersonal dengan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, serta diskusi dengan pakar terkait topik penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah dalam proses komunikasi interpersonal yang berkualitas antara guru dengan murid tunarungu terdapat lima kualitas umum, diantaranya keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Faktor yang menghambat yaitu bahasa yang dimiliki murid tunarungu terbatas dan murid merasa lebih nyaman jika berbicara dengan teman sebayanya. Sedangkan faktor yang mendukung adalah murid suka bertanya dan bercerita pada guru serta guru memposisikan menjadi murid saat berkomunikasi. Dampak yang terjadi pada murid yaitu pembendaharaan kata murid yang semakin banyak, murid yang semakin menjadi jujur serta murid yang semakin mengerti dan memahami guru.

Subjek

COMMUNICATION-INTERPERSONAL
 

Katalog

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL BERKUALITAS GURU DENGAN MURID BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Guru dengan Murid Tunarungu di SLB Nurul Iman)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GABRIELLE PASKALIA GULTOM
Perorangan
NUR ATNAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini