APAKAH CORPORATE GOVERNANCE DISCLOSURE DAN INTELLECTUAL CAPITAL MERUPAKAN FAKTOR DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN? (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Infrastruktur Utilitas dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)

INTANADYAH UMMIE HABIEBAH

Informasi Dasar

19.04.1468
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya adalah untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal dan memaksimalkan nilai perusahaan yang tercermin pada harga sahamnya serta bertujuan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan yang sahamnya diminati oleh investor merupakan salah satu indikasi bahwa perusahaan memiliki nilai perusahaan yang baik. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance disclosure, intellectual capital, karakteristik perusahaan (profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Popoulasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 17 perusahaan yang disertakan dengan kurun waktu 3 tahun sehingga didapat 51 perusahaan yang diobservasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 10.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate governance disclosure, intellectual capital, karakteristik perusahaan (profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan) berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, variabel corporate governance disclosure dan intellectual capital tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan pengungkapan tata kelola perusahaan dengan menggunakan kriteria corporate governance sebagaimana regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bagi perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi menyangkut profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan. Serta bagi investor penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan investor dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi.

Kata Kunci: Corporate Governance Disclosure, Intellectual Capital, Leverage, Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

APAKAH CORPORATE GOVERNANCE DISCLOSURE DAN INTELLECTUAL CAPITAL MERUPAKAN FAKTOR DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN? (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Infrastruktur Utilitas dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INTANADYAH UMMIE HABIEBAH
Perorangan
MAJIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini