Pengaruh Proporsi Dewan Komisaris Independen, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Free Cash Flow terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017)

YULINA MAULIDINA

Informasi Dasar

19.04.1470
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba adalah proses pengambilan keputusan manajemen dalam memilih kebijakan akuntansi dengan cara meningkatkan laba maupun menurunkan laba perusahaan. Motivasi manajer melakukan manajemen laba yaitu adanya bonus, perjanjian hutang, reputasi perusahaan dan IPO (Initiall Public Offering). Sedangkan dua perspektif penting yang digunakan untuk menguraikan mengapa manajer melakukan manajemen laba yaitu perspektif informasi (signaling) dan perspektif oportunis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh proporsi dewan komisaris independen, leverage, ukuran perusahaan dan free cash flow terhadap manajemen laba baik secara simultan maupun secara parsial. Dalam penelitian ini proporsi dewan komisaris independen, leverage, ukuran perusahaan dan free cash flow merupakan variabel independen. Sedangkan manajamen laba merupakan variabel dependen pada penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini ialah perusahaan-perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2014-2017. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga perusahaan yang menjadi sampel penelitian terdapat 14 perusahaan dari jumlah populasi 18 perusahaan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 9.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Pengaruh secara parsial, dewan komisaris independen berpengaruh negatif dan signifikan leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan untuk variabel ukuran perusahaan dan free cash flow tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba.Dalam penelitian ini proporsi dewan komisaris independen memiliki pengaruh negatif dan signifikan dan leverage memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Sehingga peneliti memberikan saran bagi pihak manajemen perusahaan untuk meningkatkan proporsi dewan komisaris dan mengurangi hutangnya. Selain itu saran yang diberikan kepada investor yaitu dalam proses pengambilan keputusan untuk berinvestasi proporsi dewan komisaris independen dan leverage dapat menjadi perhatian atau fokus dalam menentukan ada tidaknya praktik manajemen laba pada suatu perusahaan. Kata Kunci : Dewan Komisaris Independen, Leverage, Ukuran Perusahaan, Free Cash Flow, Manajemen Laba

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

Pengaruh Proporsi Dewan Komisaris Independen, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Free Cash Flow terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YULINA MAULIDINA
Perorangan
FARIDA TITIK KRISTANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini