PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP PENGGUNAAN INSTRUMEN DERIVATIF SEBAGAI KEPUTUSAN HEDGING (Studi Empiris Bank Konvensional yang Terdaftar di BEI pada Periode 2014-2017)

RARAS KINASIH

Informasi Dasar

19.04.1472
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era globalisasi saat ini banyak kegiatan perekonomian yang menyebabkan adanya risiko yang tidak dapat dihindari. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak dibidang keuangan yaitu perbankan. Dalam kegiatan perbankan saat ini memiliki peranan penting dalam perekonomian suatu negara yang berkaitan dengan aktivitas internasional seperti hutang luar negeri. Kegiatan tersebut memiliki kaitan erat dengan risiko ketidakpastian yang disebabkan adanya fluktuasi kurs mata uang. Namun risiko tersebut dapat diminimalisir dengan melakukan aktivitas hedging dengan instrumen derivatit yang meliputi kontrak forward, kontrak future, kontrak swap, dan kontrak opsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh likuiditas, leverage, dan nilai tukar rupiah baik secara simultan maupun parsial terhadap penggunaan instrumen derivatif sebagai keputusan hedging. Pada bank konvensional yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2014-2017. Sampel yang diperoleh adalah 80 observasi yang berasal dari 20 bank konvensional yang mencakup periode 2014-2017. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam analisis ini adalah regresi logistik dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel likuiditas, leverage, dan nilai tukar rupiah secara simultan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kebijakan hedging. Sedangkan secara parsial variabel likuiditas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kebijakan hedging. Variabel leverage memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan hedging. Variabel nilai tukar rupiah tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan hedging. Dari hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penggunaan variabel lain dalam penelitian yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran yang diberikan kepada perbankan untuk menerapkan kebijakan lindung nilai untuk melindungi aset, terutama untuk perbankan yang memiliki tingkat LDR rendah, dan tingkat leverage yang tinggi.

Kata kunci: likuiditas, leverage, nilai tukar rupiah, dan hedging.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP PENGGUNAAN INSTRUMEN DERIVATIF SEBAGAI KEPUTUSAN HEDGING (Studi Empiris Bank Konvensional yang Terdaftar di BEI pada Periode 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RARAS KINASIH
Perorangan
DEWA PUTRA KHRISNA MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini