PENGARUH ROA, ROE, EPS, dan CR TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS LQ45 PERIODE 2013 - 2017

HAFIZH FADHILLA

Informasi Dasar

19.04.1560
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Studi ini mengambil Harga Saham sebagai fokus penelitian. karena Saham adalah surat berharga yang menunjukkan kepemilikan atas perusahaan sehingga pemegang saham memiliki hak klaim atas dividen atau distribusi lain yang dilakukan perusahaan kepada pemegang sahamnya, termasuk hak klaim atas aset perusahaan, dengan prioritas setelah hak klaim pemegang surat berharga lain dipenuhi jika terjadi likuiditas. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur ROA, ROE, EPS, CR terhadap Harga Saham , baik secara simultan maupun parsial.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Unit analisis pada penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45 di Indonesia. Data penelitian ini menggunakan data sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan diperoleh 12 perusahaan LQ45 selama lima tahun, yaitu dari tahun 2013 sampai tahun 2017 . Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA, ROE, EPS, CR berpengaruh simultan terhadap Harga Saham. Secara parsial EPS, CR tidak berpengaruh terhadap Harga Saham. Sedangkan ROA berpengaruh negatif, dan ROE berpengaruh positif terhadap Harga Saham.
Bagi peneliti selanjutnya penelitian yang dilakukan berikutnya disarankan dapat memperbaiki keterbatasan pada penelitian ini, seperti memiliki pengaruh signifikan terhadap Harga Saham pada perusahaan LQ45. Pada Perusahaan LQ45 penelitian ditemukan bahwa Return On Asset, Return On Equity berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi perusahaan untuk menunjukkan kinerja yang baik melalui ROA yang tinggi akan membuat investor tertarik untuk menanamkan sahamnya perusahaan tersebut, sehingga akan membuat investor akan membuat harga saham meningkat. Besarnya ROE memberikan indikasi bahwa pengembalian yang akan diterima investor akan tinggi sehingga investor akan tertarik untuk membeli saham tersebut, dan hal itu menyebabkan harga pasar saham cenderung naik. Semakin mampu perusahaan memberikan keuntungan bagi pemegang saham, maka saham tersebut diinginkan untuk dibeli.

Kata Kunci: Return On Asset, Return On Equity, Earning Per Share, Current Ratio, Harga Saham

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH ROA, ROE, EPS, dan CR TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS LQ45 PERIODE 2013 - 2017
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAFIZH FADHILLA
Perorangan
DEWA PUTRA KHRISNA MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini