PENGARUH EARNING PER SHARE, RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Sub-sektor Telekomunikasi di BEI periode 2008-2017)

ALFINNA TYAS RACHMAWATI

Informasi Dasar

19.04.1561
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Industri telekomunikasi diyakini memiliki prospek yang cemerlang diten-gah kehadiran industri berbasis digital. Industri telekomunikasi di Tanah Air di-proyeksikan memiliki pertumbuhan rata-rata sebesar 11-12% pada tahun 2017 lalu, baik dari sisi pasar maupun pendapatan. Pertumbuhan yang mencapai dua kali lipat dari produk domestik bruto (PDB) itu akan ditopang oleh beberapa hal, antara lain penetrasi handset 4G yang semakin meluas, penetrasi internet yang melonjak, serta tren penggunaan data untuk aktivitas internet yang kian agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh EPS, ROA, ROE, dan TATO terhadap Harga Saham perusahaan sub sektor Telekomunikasi baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan dua jenis variabel, yaitu variabel bebas terdiri dari rasio keuangan EPS, ROA, ROE, dan TATO ser-ta variabel terikat yaitu Harga Saham. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2008-2017 dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel dan di-peroleh sebanyak 5 perusahaan yang konsisten mempublikasikan laporan keu-angan secara lengkap. Model analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software spss versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel EPS, ROA, ROE, dan TATO secara simultan berpengaruh terhadap Harga Saham. Secara parsial EPS, ROA, dan ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Serta varia-bel TATO memiliki pengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Berdasarkan hasil penelitian ini, apabila investor ingin berinvestasi di perusahaan sub-sektor telekomunikasi, maka investor perlu memperhatian Total Asset Turnover (TATO) dikarekan berpengaruh positif terhadap harga saham. Dalam menjalankan usahanya, perusahaan perlu memperhatian TATO. Semakin tinggi rasio TATO menunjukan manajemen yang baik untuk mengelola assetnya sehingga mendapatkan laba. Laba yang tinggi akan menjadi daya tarik investor untuk membeli saham diperusahaan tersebut.

Kata Kunci: Harga Saham, Earning Per Share (EPS), Return on Asset (ROA), Retun on Equity (ROE), Total Asset Turnover (TATO)

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH EARNING PER SHARE, RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Sub-sektor Telekomunikasi di BEI periode 2008-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALFINNA TYAS RACHMAWATI
Perorangan
SRI RAHAYU
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini