Pengaruh Penerapan Laporan Akuntansi Sektor Publik Dan Pengawasan Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Pada BAPENDA Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2013-2017)

LALU RAHMADIYAN RAMDHANU

Informasi Dasar

19.04.1562
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah merupakan salah satu bagian isu kebiajakan yang strategis di Indonesia saat ini karena perbaikan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah berdampak pada upaya terciptanya good governance, perbaikan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah juga berdampak luas pada bidang ekonomi dan politik. Akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dapat di lihat dari bagaimana penerapan laporan akuntansi sektor publik dan pengawasan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang sejauh mana pengaruh penerapan laporan akuntansi sektor publik dan pengawasan laporan keuangan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah studi pada BAPENDA Provinsi NTB secara simultan maupun parsial. Variabel independen pada penelitian ini adalah penerapan laporan akuntansi sektor publik dan pengawasan laporan keuangan. Variabel dependen pada penelitian ini adalah akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bagian akuntansi atau keunagan BAPENDA yang berada di provinsi NTB. Data yang diolah adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis linear regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai uji t untuk variabel penerapan laporan akuntansi sektor publik sebesar 0.169, maka secara parsial variabel penerapan laporan akuntansi sektor publik tidak mempengaruhi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Sedangkan nilai uji t untuk variabel penerapan laporan akuntansi sektor publik adalah sebesar 0.000, maka secara parsial variabel pengawasan laporan keuangan mempengaruhi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Secara simultan variabel penerapan laporan akuntansi sektor publik dan pengawasan laporan keuangan berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel-variabel penelitian lain dalam penelitian ini. Peneliti selanjutnya dapat menambah variabel-variabel penelitian lain dalam penelitian ini peneliti selanjutnya juga dapat memperluas penelitian ini dengan objek penelitian diberbagai SKPD yang ada di Propinsi NTB dan Kota Madia yang berbeda sehingga dapat menghasilkan kesimpulan penelitian dengan cakupan yang lebih luas.

Kata Kunci : Akuntansi Sektor Publik, Akuntabilitas, Kinerja Instansi Pemerintah

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Penerapan Laporan Akuntansi Sektor Publik Dan Pengawasan Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Pada BAPENDA Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LALU RAHMADIYAN RAMDHANU
Perorangan
SRI RAHAYU
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini