PERAN E-TRUST DAN E-SATISFACTION DALAM MENINGKATKAN PENGARUH DIMENSI E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-USER LOYALTY PADA PENGGUNA MOBILE APPLICATION SHOPEE (STUDI KASUS DI BANDUNG)

ARINA RAHMAWATI

Informasi Dasar

19.04.1620
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semakin ketatnya persaingan dan sifat global membutuhkan pergeseran dari paradigma pemasaran transaksional menjadi pemasaran relasional, terutama dalam e-business untuk memenuhi peningkatan dan beragam tuntutan pelanggan. Manajemen perusahaan harus membangun e-user loyalty untuk membangun dan mempertahankan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki secara empiris hubungan antara dimensi dari e-service quality yang dirasakan, variabel e-trust, e-satisfaction, terhadap e-user loyalty dalam pengaturan e-commerce. Hubungan sebab akibat antar variabel-variabel tersebut membentuk sebuah model persamaan struktural (SEM) yang solusinya diselesaikan dengan bantuan software statistic. Objek pada penelitian ini ditujukan kepada pengguna mobile application Shopee yang berada di kota Bandung. Sebanyak 296 responden sudah didapatkan melalui penyebaran kuesioner yang terdiri dari 36 butir pernyataan di Kota Bandung dengan mengunakan metode non probability sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa dimensi ease of use mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel e-satisfaction dan e-user loyalty, disisi lain dimensi tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel e-trust. Selanjutnya, dimensi mobile application design berpengaruh signifikan terhadap variabel e-user loyalty, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel e-trust dan e-satisfaction. Beda halnya pada dimensi responsiveness yang berpengaruh signifikan terhadap variabel e-trust dan e-satisfaction, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel e-user loyalty. Selain itu, dimensi personalization atau customization mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel e-trust dan e-user loyalty, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel e-satisfaction. Variabel e-trust yang dibangun ternyata memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel e-user loyalty, sedangkan variabel e-satisfaction tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap e-user loyalty. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peran variabel intervening e-trust dan e-satisfaction pada tiap-tiap dimensi e-service quality dalam membangun e-user loyalty. Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi PT. Shopee Indonesia dalam rangka mencapai peningkatan loyalitas pengguna mobile application Shopee.

Subjek

LOYALTY-MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

PERAN E-TRUST DAN E-SATISFACTION DALAM MENINGKATKAN PENGARUH DIMENSI E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-USER LOYALTY PADA PENGGUNA MOBILE APPLICATION SHOPEE (STUDI KASUS DI BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARINA RAHMAWATI
Perorangan
TEGUH WIDODO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini