PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP ADOPSI MOBILE BANKING (STUDI PADA PT. BANK MANDIRI BANDUNG)

ASTARI FEBRILIAN

Informasi Dasar

19.04.1625
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi informasi telah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk banyak orang. Kebutuhan akan suatu informasi yang cepat dan tepat menjadi hal utama bagi para pengguna informasi tersebut. Sektor perbankan merupakan industri yang memanfaatkan teknologi informasi karena didasari oleh tingkat kesadaran para pelaku perbankan yang tinggi akan kebutuhan untuk menjalankan bisnis. Dalam dunia perbankan, contoh penerapan teknologi informasi yang telah diterapkan adalah transaksi perbankan lewat handphone atau internet yang dikenal dengan istilah Mobile Banking dan Internet Banking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth terhadap adopsi mobile banking pada nasabah Bank Mandiri dengan menggunakan 7 variabel, yaitu Word of Mouth, Trust, Social Norm, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude dan Intention. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian konklusif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Mandiri di Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 250 responden. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online melalui Google form. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode structural equation modelling (SEM) dengan menggunakan LISREL 8.80. Berdasarkan hasil penelitian, variabel Perceived Usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude dengan hasil 2,26 namun tidak berpengaruh terhadap Intention to continue using karena memiliki nilai 0,41. Variabel Perceived Ease of Use tidak berpengaruh terhadap Attitude karena memiliki nilai 0,38, variabel Social Norm berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Ease of Use karena memiliki nilai 6,57. Social Norm berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Usefulness dengan hasil 3,95, variabel Trust berpengaruh terhadap Perceived Ease of Use dengan hasil 3,13 dan terhadap Perceievd Usefulness sebesar 3,37 Attitude berpengaruh terhadap Intention karena memiliki nilai sebesar 4,86, Word of Mouth berpengaruh terhadap Perceived Ease of Use dengan nilai -2,16, Word of Mouth tidak berpengaruh terhadap Perceived Usefulness karena memiliki nilai -1,04, Word of Mouth berpengaruh terhadap, Social Norm dengan nilai 19,32, Trust dengan nilai 26,96, Attitude dengan nilai 5,05 dan Intention to continue using dengan nilai 2,03.

Subjek

Digital
 

Katalog

PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP ADOPSI MOBILE BANKING (STUDI PADA PT. BANK MANDIRI BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASTARI FEBRILIAN
Perorangan
TEGUH WIDODO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini