IDENTIFIKASI PENGELOLAAN BANK SAMPAH DENGAN BERBASIS TEORI ECOPRENEURSHIP (STUDI PADA : BANK SAMPAH SEHATI RW. 09 BUMI PANYILEUKAN CIPADUNG KIDUL, KOTA BANDUNG)

MUHAMMAD RIZAL

Informasi Dasar

19.04.1639
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan penduduk dan perubahan pola konsumsi telah menyebabkan telah menyebabkan peningkatan volume timbulan sampah rumah tangga di Kota Bandung.Permasalahan persampahan ini kemudian semakin serius ketika penigkatan tersebut tidak disertai dengan kemampuan pemerintah untuk menyediakan sarana pengelolaan sampah yang memadai. Munculnya bank sampah sebagai upaya penerapan dari UU No 18 thn 2008, merupakan suatu cara pengelolaan sampah dalam aksi nyata melalui gerakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dengan melibatkan langsung masyarakat. Untuk pemerintah sendiri, bank sampah menjadi langkah awal yang baik untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dalam memperlakukan sampah sebagai sesuatu yang mempunyai nilai guna dan manfaat. Program bank sampah yang diberdayakan di Indonesia tentunya diharapkan dapat memberikan sebuah sistem yang efektif dan efisien sehingga proses bisnis dari bank sampah yang diselenggarakan dapat maksimal. Sistem yang efektif dan efisien ini terangkum dalam suatu proses yang dikenal dengan proses ecopreneurship.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui sejauh apakah penerapan konsep ecopreneurshiptelah diimplementasikan pada program bank sampah di Bank Sampah Sehati RW.09 Cipadung Kidul untuk mendukung perkembangannya menjadi green environment.Kajian akan dilakukan terhadap konsep eco-commitment –environmental commitment,implementasi konsepecopreneurial pada program-program Bandung Green and Clean.Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Variabel yang diteliti antara lain meliputi Green Values, Gap in Market, Make a Living, Be Own Boss, dan Passion. Analisis yang digunakan adalah analisis mengenai penerapan konsep ecopreneurship dan implementasinya pada program Bank Sampah Sehati RW.09 Cipadung Kidul.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penanggung jawab, pengurus dan anggota pada program Bank Sampah Sehati RW.09 Cipadung Kidultidak sepenuhnya paham akan konsep ecopreneurship, namuntetap berusaha untuk menerapkan konsep tersebut kedalam program yang mereka ciptakan dan ikuti.

Kata Kunci: Eco-commitment – environmental commitment, Entrepreneurial, Ecopreneur, Ecopreneurship.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

IDENTIFIKASI PENGELOLAAN BANK SAMPAH DENGAN BERBASIS TEORI ECOPRENEURSHIP (STUDI PADA : BANK SAMPAH SEHATI RW. 09 BUMI PANYILEUKAN CIPADUNG KIDUL, KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIZAL
Perorangan
RATNA L. NUGROHO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini