Pengaruh Free Cash Flow, Leverage, Profitabilitas dan Sales Growth Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

SHIERA INDIRA BASIR

Informasi Dasar

19.04.1679
657.024
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba merupakan suatu intervensi yang dilakukan oleh manajemen dalam pelaporan keuangan perusahaan. Hal ini dilakukan untuk memperoleh berbagai macam keuntungan (biasanya untuk kepentingan pribadi).Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perusahaan dalam manajemen laba. Dalam peneltiain ini, digunakan variabel independen yaitu free cash flow, leverage, profitabilitas dan sales growth. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 10. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan free cash flow, leverage, profitabilitas dan sales growth berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan secara parsial profitabilitas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap manajemen laba. Sedangkan free cash flow, leverage dan sales growth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dengan araf positif. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi investor harus lebih berhati-hati dalam penggunaan laporan keuangan, dan tidak menilai sebuah perusahaan hanya dari kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dan keuntungan perusahaan saja tanpa menilai aspek-aspek lainnya.

Kata Kunci: Free Cash Flow, Leverage, Profitabilitas, Sales Growth, Manajamen Laba.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

Pengaruh Free Cash Flow, Leverage, Profitabilitas dan Sales Growth Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)
 
143p.: il.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHIERA INDIRA BASIR
Perorangan
MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini