Pengaruh Struktur Modal, Konservatisme Akuntansi, dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)

BAMBANG WIBISONO

Informasi Dasar

19.04.1722
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan adalah salah satu bentuk kinerja perusahaan yang dicerminkan oleh harga saham yang dibentuk oleh permintaan dan penawaran pasar modal yang merefleksikan penilaian masyarakat terhadap kinerja keuangan. Nilai perusahaan pada dasarnya dapat diukur melalui beberapa aspek, salah satunya adalah harga pasar saham perusahaan, karena harga pasar saham perusahaan mencerminkan penilaian investor secara komprehensif atas setiap modal yang dimiliki. Dalam penelitian ini variabel independen adalah strukur modal, konservatisme akuntansi, dan intllectual capital. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strukur modal, konservatisme akuntansi, dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efeke Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 – 2017. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 10 perusahaan dengan pengamatan selama empat tahun sehingga di dapatkan 40 sampel yang di observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan eviews 9.0. Berdasarkan hasil penelitian, struktur modal, konservatisme akuntansi, dan intellectual capital berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, konservatisme akuntansi dan intellectual capital berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Peneliti selajutnya disarankan untuk dapat meneliti variabel lain yang dianggap memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan dan menggunakan objek penelitian lain yang berbeda. Untuk investor hasil penelitian diharapkan dapat memberi informasi tambahan dalam mengambil keputusan berinevstasi. Sedangkan untuk perusahaan, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkat nilai perusahaan lebih optimal.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Struktur Modal, Konservatisme Akuntansi, dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAMBANG WIBISONO
Perorangan
DEWA PUTRA KHRISNA MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini