SUSUNAN ANTENA YAGI UNTUK AIR SURVEILLANCE RADAR VHF

EFRAT MURPRATAMA

Informasi Dasar

19.04.1791
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Air Surveillance Radar (ASR) merupakan sebuah radar pengintai yang berfungsi untuk mendeteksi dan melacak pesawat berukuran besar. Saat ini, ASR banyak bekerja pada pita frekuensi tinggi seperti S-band dan X-band. Hal ini membuat kapasitas jangkauan deteksi radar sangat pendek. Selain itu, radar ASR memiliki keterbatasan kemampuan untuk mendeteksi pesawat dengan karakteristik radar cross section (RCS) yang sangat kecil. Oleh sebab itu, banyak pesawat siluman yang memanfaatkan hal tersebut, untuk bersembunyi dan menghindar dari jangkauan radar. Pada dasarnya, sumber kelemahan ini terletak pada kinerja suatu antena. Solusi yang optimal dalam mendeteksi pesawat siluman adalah mendesain sebuah antena yang mampu beroperasi pada pita frekuensi rendah serta meningkatkan parameter Gain sebagai long range.

Tugas Akhir ini, membuat perancangan desain antena yagi untuk radar pengawasan udara yang mampu bekerja pada frekuensi Very High Frekuensi (VHF) dengan frekuensi tengah 150 MHz. Desain perancangan ini meliputi perancangan single dan array antenna. Untuk mendapatkan hasil Gain yang maksimal, maka antena radar didesain dengan cara susunan/stack antena yagi 8×2.

Hasil pengukuran simulasi single antenna untuk parameter VSWR, Return Loss dan Gain berturut-turut sebesar 1,457, -11,954 dB, dan 13,19 dB. Sedangkan hasil simulasi yagi 8×2 untuk VSWR, Return Loss dan Gain berturut-turut sebesar 1,357, -18,5 dB, dan 22,58 dB. Hasil simulasi tersebut dibandingkan dengan hasil dari pengukuran yang secara berturut untuk VSWR dan Return Loss adalah sebesar 1,3609 dan -16,34 dB. Dari hasil simulasi antena yang dibuat memiliki sifat pola radiasi unidirectional serta mampu mendeteksi pesawat F117A Nighthwk pada range 19,8 Km. Kata kunci : Air Surveillance Radar, Radar VHF, Stack Antenna Yagi, dan Pesawat Siluman.

Subjek

Antennas.
 

Katalog

SUSUNAN ANTENA YAGI UNTUK AIR SURVEILLANCE RADAR VHF
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EFRAT MURPRATAMA
Perorangan
BAMBANG SETIA NUGROHO, YUYU WAHYU
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TE3423 - ANTENA DAN PROPAGASI
  • TTH4K3 - RADAR, NAVIGASI DAN REMOTE SENSING
  • TTI4R3 - RADAR, NAVIGASI DAN REMOTE SENSING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini