PERANCANGAN DAN REALISASI RECTENNA ARRAY BOW-TIE DIPOLE FREKUENSI 2,4 GHz DENGAN VOLTAGE MULTIPLIER UNTUK ENERGY HARVESTING

HENDRO FRANSNIKO SITUMEANG

Informasi Dasar

19.04.1836
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kebutuhan energi hingga saat ini kebanyakan mengharapkan hanya dari fossil. Padahal sumber fossil seiring berjalannya waktu akan habis terpakai. Salah satu solusi menanggulangi hal tersebut adalah dengan energy harversting pada frekuensi radio. Pengumpulan energi pada frekuensi radio atau biasa dikenal dengan RF energy harvesting adalah proses menangkap energi RF yang terpancar diudara, kemudian diserap dan dikonversi menjadi energi listrik untuk disimpan kedalam perangkat penyimpan energi dan kemudian akan digunakan untuk mensuplai perangkat dengan daya yang kecil.

Tugas akhir ini membahas tentang perancangan dan pembuatan rectenna (rectifying antenna) untuk energy harvesting. Input dari rectenna adalah gelombang elektromagnetik dengan keluaran berupa DC. Untuk mengetahui kinerja dari antena dan rectifier, maka dilakukan simulasi terlebih dahulu menggunakan software. Antena mikrostrip yang dirancang dengan patch bowtie dengan array 1x2, groundplane yang dimodifikasi dengan u-slot dan rectifier menggunakan topologi 7 stage voltage multiplier dengan dioda scottky bat 46.

Pada tugas akhir ini didapat antena dengan nilai return loss setelah pengukuran adalah -18,445 dB. Nilai VSWR pada frekuensi 2,4 GHz adalah 1,29 dan gain sebesar 2.798 dBi. Rectifier dengan input –2 dB dapat menghasilkan keluaran rata-rata 86,77 mV dan semakin rendah frekuensi maka semakin besar keluaran rectifier. Pengukuran rectenna dengan input rata-rata -26 dBm dapat menghasilkan keluaran rata-rata 8,09 mV.

Kata Kunci: Rectenna, Energy Harvesting, Dioda Schottky, Mikrostrip

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI RECTENNA ARRAY BOW-TIE DIPOLE FREKUENSI 2,4 GHz DENGAN VOLTAGE MULTIPLIER UNTUK ENERGY HARVESTING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENDRO FRANSNIKO SITUMEANG
Perorangan
LEVY OLIVIA NUR, ZULFI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TTG3D3 - ANTENA DAN PROPAGASI
  • FEG2B4 - RANGKAIAN LISTRIK
  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini