PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, SOLVABILITAS DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Tekstil Dan Garment Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

SYAHREZA ALI ANANTA

Informasi Dasar

19.04.1848
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja perusahaan dapat diukur dengan menganalisa laporan keuangannya guna menilai sejauh mana perusahaan mampu menghasilkan laba pada tingkat yang diinginkannya. Salah satu indikator yang dipergunakan untuk menilai suatu kinerja perusahaan adalah profitabilitas. Karena pada dasarnya profitabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu. Profitabilitas menunjukan suatu perbandingan antara laba dan aktiva yang tujuan utama perusahaan adalah memaksimakan laba. Bagi perusahaan, profitabilitas dapat digunakan sebagai evaluasi atas efektivitas kinerja perusahaan. Semakin tinggi profitabilitas suatu perusahaan, semakin terjamin pula kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari ukuran perusahaan, solvabilitas dan perputaran modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan tekstil dan garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Metode sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 17 perusahaan dan data yang digunakan ialah 5 tahun terakhir. Sehingga penelitian ini menggunakan jumlah unit sampel sebanyak 85 data. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan pengujian hipotesis mengunakan analisis regresi data panel pada software Eviews 10. Hasil pengujian yang didapatkan dari penelitian ini secara simultan menunjukkan ukuran perusahaan, solvabilitas dan perputaran modal kerja berpengaruh terhadap profitabilitas. Secara parsial solvabilitas memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan profitabilitas, sedangkan ukuran perusahaan dan perputaran modal kerja tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa solvabilitas berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. Sebaiknya perusahaan menurunkan total hutangnya agar rasio DER yang dimiliki perusahaan bernilai rendah karena semakin besar rasio solvabilitas, menunjukkan bahwa semakin besar biaya yang harus ditanggung perusahaan untuk memenuhi kewajiban yang dimilikinya. Hal ini dapat menurunkan profitabilitas yang dimiliki oleh perusahaan. Jadi semakin tinggi solvabilitas perusahaan maka kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba semakin rendah.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, SOLVABILITAS DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Tekstil Dan Garment Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYAHREZA ALI ANANTA
Perorangan
KHAIRUNNISA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • EBH0H4 - MANAJEMEN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini