PENGEMBANGAN PERILAKU KARAKTER PIRANHA PADA GAME BERBURU KOI BERBASIS SISTEM MULTI AGENT

GRACE CYNDIANA BUTARBUTAR

Informasi Dasar

19.04.1881
794.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Game adalah permainan terstruktur pada sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan. Pada game pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan yang merupakan rekayasa. Dalam game ada target yang harus dicapai oleh pemain. Komponen dari game adalah tujuan, aturan, tantangan, dan interaksi. Karakter piranha pada game berburu koi adalah NPC (Non Playable Character). Non Playable Character merupakan jenis autonomus agent yang ditunjukan untuk penggunaan komputer animasi dan media interaktif seperti games dan virtual reality. Pengembangan perilaku karakter piranha pada game berburu koi merupakan pengembangan game yang dibuat dengan berbasis sistem multi-agent. Sistem multi agent dimengerti sebagai kumpulan agent cerdas, yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Pada umumnya, setiap agent akan direpresentasikan sebagai sebuah modul program, karena setiap agent mempunyai atribut yang berbeda satu dengan yang lain. Tugas akhir Pengembangan Perilaku Karakter Piranha pada Game Berburu Koi dibuat dengan menggunakan Unity game engine. Terdapat dua tahap pengujian yaitu pengujian testing implementasi game dan pengujian survei kuesioner. Dari hasil pengujian survei kuesioner, aspek yang memiliki persentase nilai tertinggi adalah aspek interaksi, yang dihitung dengan menggunakan metode skala likert. Total persentase nilai aspek interaksi adalah sebesar 256.67% dengan persentase rata-rata sebesar 85.56%.

Kata Kunci : Game, Multi-agent System, Non Playable Character (NPC), Unity Game Engine

Subjek

GAME PROGRAMMING
 

Katalog

PENGEMBANGAN PERILAKU KARAKTER PIRANHA PADA GAME BERBURU KOI BERBASIS SISTEM MULTI AGENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GRACE CYNDIANA BUTARBUTAR
Perorangan
PURBA DARU KUSUMA, CASI SETIANINGSIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • KUG1A3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • FEH1H3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • CEH2E3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • CEG3G3 - KECERDASAN BUATAN
  • CEH4M3 - KOMPUTASI PARALEL
  • FEH4B4 - TUGAS AKHIR
  • DPH1F4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • DPH1F4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • ISH1E3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN A
  • FEH1H3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • FEH1H3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • FEH1H3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • DPH1B4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER
  • DCH1F4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN LANJUT
  • CCH1A4 - DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • CCH1A4 - DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • CCH1A4 - DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • ISH1F1 - PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN A
  • FEH1I1 - PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • FEH1I1 - PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • FEH1I1 - PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • FEH1I1 - PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • VSI1A4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER
  • VKI1E4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • VKI1J4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN LANJUT
  • VAI1A4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • TKI3G3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini