Teknik Komposisi Motif Digital dengan Inspirasi Paksi Naga Liman untuk Produk Tekstil

OKTAVANIA WARAPSARI

Informasi Dasar

19.04.1901
646.407 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknik pengolahan motif digital dipengaruhi oleh kemunculan perangkat lunak pengolahan motif, salah satunya JBatik yang memiliki ciri khas kesamaan diri pada motif bertumpuk dan berulang yang terbentuk dari penggunaan rumus fraktal, sehingga berpotensi sebagai media pengolah komposisi motif untuk digabungkan dengan perangkat lunak pengolah motif lain untuk pembuatan modul motif. Penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan potensi dari kekurangan dan kelebihan masing-masing perangkat lunak digital, yang berbasis vektor untuk mengolah variasi motif dan berbasis rumus fraktal untuk membuat komposisi motif baru yang terinspirasi dari Paksi Naga Liman.

Metode pencarian data yang digunakan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif berupa studi literatur, wawancara, observasi, dan melakukan eksperimen. Penulis melakukan studi literatur terkait perangkat lunak pengolah motif serta data terkait Paksi Naga Liman. Metode wawancara penulis terapkan dengan pengurus inti di Keraton Kasepuhan Cirebon, beberapa pengrajin batik yang memproduksi batik Paksi Naga Liman dan CDO (Chief Design Officer) Batik Fraktal. Metode observasi dilakukan untuk melihat motif-motif yang ada dalam kereta kencana dan batik Paksi Naga Liman, serta fitur pada perangkat lunak vektor CorelDraw dan JBatik. Berdasarkan metode eksplorasi yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak JBatik memiliki keunggulan diantaranya pembuatan motif bertumpuk dan berulang yang terbentuk dari penggunaan rumus fraktal dapat mempercepat proses pengolahan komposisi motif.

Hasil dan kesimpulan yang penulis peroleh dalam penelitian ini yaitu pembuatan komposisi motif menggunakan perangkat lunak JBatik menghasilkan single motif, sehingga memiliki potensi untuk digabungkan dengan kelebihan dari perangkat lunak digital berbasis vektor lain, menjadikan proses pengerjaan yang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Mengambil inspirasi dari salah satu ornamen khas Indonesia yaitu Paksi Naga Liman diharapkan dapat membuat variasi motif baru dengan menampilkan visual yang menarik dan berbeda untuk diterapkan pada produk tekstil berupa scarf.

Kata Kunci: Komposisi Motif Digital, Perangkat Lunak JBatik, Perangkat Lunak CorelDraw, Paksi Naga Liman, Produk Tekstil Scarf

Subjek

PATTERN DESIGN
 

Katalog

Teknik Komposisi Motif Digital dengan Inspirasi Paksi Naga Liman untuk Produk Tekstil
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

OKTAVANIA WARAPSARI
Perorangan
MORINTA ROSANDINI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini