RANCANGAN MODEL KETERKAITAN SASARAN STRATEGIS DAN KONTRAK MANAJEMEN UNIVERSITAS TELKOM DENGAN MENGGUNAKAN METODE INTERPRETIVE STRUCTURAL MODELING (ISM)

MOCHAMAD AZHAR HIDAYAT

Informasi Dasar

19.04.1980
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Universitas Telkom merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang sedang mencapai visinya menjadi Research and Entrepreneurial University pada periode 2019-2023. Dalam mencapai visinya, Universitas Telkom menggunakan sasaran strategis sebagai ukuran pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis 2019-2023. Ukuran pencapaian tersebut kemudian diturunkan menjadi indikator kinerja utama. Dalam pelaksanaannya, kontrak manajemen mengalami beberapa permasalahan diantaranya belum sesuainya antara target dan bobot yang ditetapkan dengan sumber daya dan kaitan antar indikator dalam kontrak manajemen belum jelas sehingga permasalahan tersebut perlu dibenahi dengan menggunakan metode Interpretive Structural Modeling (ISM). Hubungan antar sasaran strategis diperoleh dari hasil expert judgement yang sudah diidentifikasi dengan menggunakan perhitungan Geo Mean, selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan menggunakan metode ISM sehingga diperoleh usulan perancangan ISM sasaran strategis. Dalam penelitian ini dijelaskan mengenai langkah-langkah dalam menurunkan sasaran strategis ke dalam kontrak manajemen di setiap tahunnya yaitu dengan mempertimbangkan capaian yang telah dilakukan oleh institusi, penyesuaian target capaian institusi dengan target capaian berstandar internasional, penyesuaian dengan perancangan ISM sasaran strategis dan penyesuaian dengan kapabilitas dan sumber daya sehingga dapat ditentukan bobot pada setiap indikator dengan tepat.

Kata kunci: Sasaran Strategis, Indikator Kinerja Utama, Kontrak Manajemen, Interpretive Structural Modeling (ISM). Universitas Telkom

Subjek

HUMAN CAPITAL
 

Katalog

RANCANGAN MODEL KETERKAITAN SASARAN STRATEGIS DAN KONTRAK MANAJEMEN UNIVERSITAS TELKOM DENGAN MENGGUNAKAN METODE INTERPRETIVE STRUCTURAL MODELING (ISM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMAD AZHAR HIDAYAT
Perorangan
BUDI SULISTYO, WAWAN TRIPIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4HA3 - SISTEM MANAJEMEN KINERJA
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • IEI5K3 - SISTEM MANAJEMEN KINERJA
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini