PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus Pada 10 Perbankan Terbesar Periode Tahun 2014-2017)

MUHAMMAD RAFIF NAUFAL

Informasi Dasar

19.04.1987
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Beberapa tahun kebelakang pergerakan saham perusahaan perbankan di Indonesia semakin menaik akibat dari semakin sadarnya masyarakat akan pentingnya menabung dan melakukan investasi. Harga saham yang semakin tinggi menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat dan investor terhadap perusahaan perbankan yang semakin baik. Kenaikan harga saham juga mencerminkan peningkatan kinerja dari perusahaan perbankan. Oleh karena itu peneliti akan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham pada perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini bertujuan untuk menguji beberapa rasio yang terdapat pada laporan keuangan terhadap harga saham. Rasio yang digunakan adalah return on equity sebagai profitabilitas, capital adequacy ratio sebagai rasio permodalan, serta loan to deposit ratio sebagai rasio likuiditas, terhadap harga saham pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan dan periode penelitian selama 4 tahun sehingga diperoleh jumlah unit sampel sebanyak 40 data. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 9. Hasil pengujian yang diperoleh dari penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa return on equity, capital adequacy ratio, dan loan to deposit ratio berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Secara parsial capital adequacy ratio memiliki pengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Sementara return on equity dan loan to deposit ratio tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan peneliti selanjutnya menggunakan variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Diharapkan manajemen dapat meningkatkan nilai capital adequacy ratio dengan menaikkan ekuitasnya tanpa terlalu menekan return on equity. Diharapkan juga untuk loan to deposit ratio yang melebihi batas maksimal untuk mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi. Untuk investor, diharapkan untuk menganalisa laporan keuangan secara menyeluruh, terutama nilai capital adequacy ratio sebelum memutuskan untuk melakukan investasi. Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, Harga Saham, Return on Equity.

Subjek

STOCK-INVESTMENT
 

Katalog

PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus Pada 10 Perbankan Terbesar Periode Tahun 2014-2017)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RAFIF NAUFAL
Perorangan
Dewa Putra Khrisna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3E3 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • ACH3I3 - INVESTASI
  • EAI3123 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini