PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK DOMAIN DSS PADA COBIT 5 (STUDI KASUS : DISKOMINFOTIK KBB)

ELVIERA MAHAYATI HARIS

Informasi Dasar

19.04.2001
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Diskominfotik KBB mempunyai peranan dalam membantu meningkatkan nilai indeks SPBE di KBB yaitu dengan melakukan perancangan tata kelola TI SPBE. Dalam praktik tata kelola TI SPBE penelitian ini menggunakan kerangka kerja COBIT 5 dan berlandaskan kepada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 mengenai SPBE. Fokus pada penelitian ini adalah domain Deliver Service Support (DSS) yang kemudian diprioritaskan berdasarkan 3 aspek pendekatan untuk menentukan prioritas proses yaitu kepatuhan terhadap regulasi, penyelarasan strategis, dan penilaian risiko. Perancangan tata kelola TI SPBE dilakukan karena hasil dari penilaian indeks SPBE memiliki nilai kematangan secara keseluruhan sebesar 2,61. Tujuan dari perancangan tata kelola TI SPBE yaitu untuk membantu meningkatkan nilai indeks SPBE di KBB, peningkatan nilai indeks kematangan SPBE berfokus pada domain kebijakan SPBE dan tata kelola SPBE. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa dokumen rekomendasi perancangan people, process, dan technology. Hasil rancangan people berupa penambahan deskripsi kerja dan kompetensi SDM. Hasil rancangan process berupa kebijakan tata kelola TI SPBE, Standar Operational Procedure (SOP) dan instruksi kerja cara pengoprasian tools. Hasil rancangan technology menghasilkan tools yang dapat digunakan dalam penerapan tata kelola TI SPBE. Pengaruh terhadap penilaian perancangan tata kelola dapat meningkatkan nilai indeks kematangan SPBE, peningkatan tersebut sebesar 0,06 atau 2,27%. Kata Kunci : Tata Kelola TI, SPBE, COBIT 5, domain DSS.

Subjek

Information systems management
 

Katalog

PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK DOMAIN DSS PADA COBIT 5 (STUDI KASUS : DISKOMINFOTIK KBB)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELVIERA MAHAYATI HARIS
Perorangan
Irfan Darmawan, Rahmat Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4C3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISI4D3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini