RANCANG BANGUN SISTEM SWITCH OTOMATIS BEBAN RUMAH TANGGA DARI SUMBER PANEL SURYA DAN PLN MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN (JST)

KUMILLAYLY

Informasi Dasar

19.04.2102
621.042
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Beban rumah tangga adalah peralatan elektronika yang sering digunakan di rumah. Beban rumah tangga disuplai dari dua sumber panel surya dan Pembangkit Listrik Negara, untuk memilih beban disuplai dari sumber mana, maka memerlukan sistem switch otomatis dari beban. Untuk meningkatkan penggunaan beban rumah tangga serta pengoptimalan sumber daya dan menghindari beban berlebih, maka solusi untuk masalah beban tersebut adalah dengan teknik penyeimbangan beban. Dengan sistem switch menggunakan relay, ditentukan oleh keluaran daya panel surya. Penelitian ini membahas mengenai rancang bangun sistem switch otomatis beban rumah tangga dari panel surya dan PLN menggunakan Jaringan Saraf Tiruan. Sistem pengendali JST yang disusun menggunakan JST backpropagation terdiri dari 4 masukan, empat lapis tersembunyi yang masing-masing terdiri dari 4 neuron dan satu neuron pada lapisan keluaran. Pada pengujian ini untuk mengetahui jaringan kerja yang telah terbentuk memberikan perubahan pembebanan. Hasil pengujian Parameter yang digunakan untuk mendapatkan tingkat kesalahan terkecil dalam proses mengatur switch otomatis beban daya yang paling baik adalah menggunakan jumlah perulangan sebanyak 2000 kali dengan akurasi 5.3%. Jaringan Saraf Tiruan dapat mengalami gagal konvergen atau tidak mendekati output dikarenakan tebakan awal tidak bagus. Percobaan awal dengan data panel surya sesungguhnya dengan sebanyak 98 data menghasilkan nilai output yang tidak konvergen. Solusi untuk memperbaiki percobaan awal adalah dengan menyederhanakan data learning 40 data menghasilkan output yang konvergen. Kata kunci: Switch Otomatis, Beban, Panel Surya, PLN, Jaringan Saraf Tiruan (JST).

Subjek

Energy enginering
 

Katalog

RANCANG BANGUN SISTEM SWITCH OTOMATIS BEBAN RUMAH TANGGA DARI SUMBER PANEL SURYA DAN PLN MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN (JST)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KUMILLAYLY
Perorangan
WAHMISARI PRIHARTI, BANDIYAH SRI APRILIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ELG2C3 - DASAR SISTEM KONTROL
  • ERH4A3 - SISTEM ENERGI LISTRIK TERBARUKAN
  • ERH4B3 - SUMBER ENERGI TERBARUKAN
  • TEI3D3 - SISTEM ENERGI LISTRIK TERBARUKAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini