Penilaian Credibility pada News site dengan Crowdsourcing Berbasis Reputasi dari Crowdworker

FEBRIO IBRAHIM SEBAYANG

Informasi Dasar

19.04.2130
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Besarnya perkembangan news site menjadikan news site salah satu sumber utama pencarian berita online. Banyaknya pengguna news site menjadikan jumlah news site juga bertambah. Hal ini menjadikan permasalahan utama news site yaitu credibility banyak diteliti. Sulitnya mendapatkan credibility pada news site dikarenakan sulitnya menyampaikan berita jujur dan tidak memihak serta kurangnya analisis dan fakta aktual yang disajikan pada news site ditambah banyaknya news site yang terindikasi memberikan berita kurang akurat menjadikan credibility news site dipertanyakan. Credibility adalah hasil dari evaluasi seseorang dengan berbagai faktor. Penelitian ini melakukan penilaian credibility pada 10 news site terbesar di Indonesia. Dan meneiliti pengaruh trustworthiness, expertise, interactivity, multimediality, dan hypertextuality terhadap credibility. Banyaknya dan beragamnya pengguna news site menjadikan crowdsourcing adalah cara pengambilan data yang tepat untuk diterapkan pada penelitian ini. Crowdsourcing digunakan karena mengabil data dari kumpulan banyak kontributor yang memberikan penilaian mereka terhadap credibility secara bebas. Namun crowdsourcing memiliki kelemahan dari segi kualitas hasil kerja kontributor, sehingga penelitian ini menerapkan seleksi hasil kerja pada kontributor dengan menggunakan reputasi yang berbentuk like/dislike yang dilakukan oleh crowdworker yang merupakan expert dibidang jurnalistik. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh reputasi yang diberikan terhadap hasil akhir. Hasil pengujian dilakukan oleh 55 kontributor yang memiliki rata rata usia 21 tahun dan membaca 6 berita dalam satu hari yang merupakan relawan yang bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini. Dari hasil pengujian didapat nilai untuk setiap news site dan didapati bahwa trustworthiness memiliki pengaruh paling tinggi terhadap credibility. Kemudian diikuti oleh expertise, interacivity, hypertextuality, dan multimediality. Dari analisis hasil pengujian juga didapati reputasi yang diberikan pada crowdsourcing mampu merubah hasil akhir menjadi lebih berkualitas dengan menggunakan crowdworker sebagai expert yang melakukan seleksi penilaian dari kontributor.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

Penilaian Credibility pada News site dengan Crowdsourcing Berbasis Reputasi dari Crowdworker
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBRIO IBRAHIM SEBAYANG
Perorangan
DANA SULISTYO KUSUMO, INDRA LUKMANA SARDI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini