USULAN INTERVAL WAKTU DAN ESTIMASI BIAYA PERAWATAN MESIN CYLINDER UNIT 2 DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (Studi Kasus : PT KLM)

MUHAMMAD ILHAM MAULANA

Informasi Dasar

19.04.2132
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT KLM merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi kertas board yang biasa disebut dengan Coated Duplex Board (CDB) dengan variasi gramatur mulai dari 250 gsm hingga dengan 500 gsm. Produk kertas yang dihasilkan harus memenuhi kepuasan konsumen dan pengolahannya dilakukan sesuai standar dan ketentuan yang telah ditetapkan perusahaan. Mesin yang digunakan menggunakan sistem paralel dan proses produksi yang digunakan adalah sistem kontinyu sehingga jika terjadi kerusakan salah satu atau beberapa mesin akan menghambat proses produksi yang telah ditargetkan sehingga berdampak pada kerugian. Oleh karena itu, keandalan dari setiap mesin perlu diperhatikan untuk mendapatkan performansi kinerja mesin yang baik. Menurut data historis dari tahun 2013 hingga tahun 2017, mesin Cylinder unit 2 memiliki kerusakan mesin paling banyak yaitu 31 kali kerusakan. Dalam penelitian ini digunakan metode Reliability Centered Maintenance untuk menentukan kebijakan perawatan sesuai dengan karakteristik mesin, meminimasi biaya perawatan, dan menentukan labor force cost yang optimal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh empat scheduled on condition task, interval waktu perawatan adalah 23 hari dengan estimasi total biaya perawatan sebesar Rp 1.167.241.427,63 per tahun dan labor force cost menghemat sebesar 16,67% dari Rp 207.360.000,00 per tahun.

Kata Kunci: Biaya Perawatan, Labor Force Cost, Mesin Cylinder, Reliability Centered Maintenance

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

USULAN INTERVAL WAKTU DAN ESTIMASI BIAYA PERAWATAN MESIN CYLINDER UNIT 2 DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (Studi Kasus : PT KLM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ILHAM MAULANA
Perorangan
ENDANG BUDIASIH, JUDI ALHILMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4CD3 - ANALISIS RESIKO DAN KEANDALAN PROSES
  • IEH4DB3 - MANAJEMEN ASET
  • IEH4DA3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • IEI4U3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEI4S3 - MANAJEMEN ASET
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini