PENGARUH FAKTOR-FAKTOR TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION PADA APLIKASI SUPER (SUKABUMI PARTICIPATORY RESPONDER) DI KOTA SUKABUMI

DARDA GUMIWA

Informasi Dasar

19.04.2175
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesatnya perkembangan internet di Indonesia ini, membuat meluasnya pemanfaatan dari penggunaan internet, salah satunya untuk pemerintahan. Kota Sukabumi merupakan salah satu kota yang gencar dalam mengembangkan penerapan pemerintahan berbasis elektronik. Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan minat penggunaan terhadap salah satu aplikasi yang diluncurkan Pemerintah Kota Sukabumi, yakni aplikasi Super.

Penelitian dilakukan dengan mengadopsi model UTAUT2 dengan menggunakan tujuh variabel independen dan satu variabel dependen. Penelitian dilakukan dalam satu periode watu selama enam bulan dengan menyebar kuesioner kepada masyarakat di Kota Sukabumi.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, melalui penyebaran kuesioner kepada 223 responden masyarakat di Kota Sukabumi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui tingkat signifikansi dan pengaruh dari faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian untuk meningkatkan minat terhadap penggunaan aplikasi Super.

Dari pengujian hipotesis yang dilakukuan didapatkan hasil terdapat empat variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intention dalam konteks penggunaan aplikasi Super di Kota Sukabumi. Empat variabel yang berpengaruh diantaranya Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, Price Value, dan Habit.

Dari hasil penelitian tersebut, disarankan agar Pemerintah Kota Sukabumi memperhatikan keempat faktor tersebut untuk dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan aplikasi Super. Sedangkan bagi penelitian selanjutnya agar menambahkan variabel moderator atau variabel independen lain untuk mengetahui faktor lain yang dapat mempengaruhi minat penggunaan terhadap aplikasi tersebut.

Kata Kunci: E-Government, UTAUT2

Subjek

MARKETING STRATEGY
 

Katalog

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION PADA APLIKASI SUPER (SUKABUMI PARTICIPATORY RESPONDER) DI KOTA SUKABUMI
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DARDA GUMIWA
Perorangan
Abdullah
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini