PERFORMANCE ASSESSMENT BASED ON RELIABILITY IN HURON MACHINES USING COST OF UNRELIABILITY (COUR) METHOD USING COST OF POOR MAINTENANCE (COPM) ANALYSIS IN PT. PINDAD (PERSERO)

IDA BAGUS YOGA SAMKHYAITA

Informasi Dasar

19.04.2192
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT PINDAD (PERSERO) merupakan perusahan yang bergerak di bidang alat utama sistem persenjataan dan produk komersial di Indonesia. PT PINDAD (PERSERO) memproduksi senjata dan munisi, kendaraan khusus, bahan peledak, produk komponen, sarana, dan prasarana dalam bidang trasnportasi, dan produk alat berat. Dengan adanya proses produksi maka diperlukan perbaikan setelah mesin mengalami breakdown. Perbaikan atau perawatan sangat penting dalam meminimasi terjadinya ganguan pada produksi. Mesin Huron merupakan salah satu mesin di PT PINDAD (PERSERO). Permasalahan yang diteliti yaitu, penyebab terjadinya kerusakan pada mesin Huron, menentukan nilai COUR pada mesin Huron, dan pengaruh menggunakan analisis COPM yang digunakan untuk mengidentifikasi kelemahan pada kinerja perawatan di PT.PINDAD (PERSERO). Dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan metode COUR didapatkan biaya yang disebabkan oleh ketidakandalan sistem yang berdasarkan corrective time sebesar Rp 130.119.673 dan berdasarkan downtime sebesar Rp 1.370.731.116. Sedangkan untuk analisis COPM diperoleh bahwa terdapat tiga jenis kegiatan yang perlu dioptimalkan dan tiga jenis kegiatan yang perlu dikurangi. Kegiatan yang perlu melakukan pengoptimalan adalah kegiatan pemeliharaan bahan lain untuk pemeliharaan, lubricants, logistik. Sedangkan kegiatan yang perlu dikurangi adalah kegiatan lost production time, jam kerja untuk pemeliharaan, dan pemeliharaan exchange parts. Kata kunci: Cost of Unreliability, Cost of Poor Maintenance, Preventive Maintenance, Corrective Maintenance

Subjek

MAINTENANCE
 

Katalog

PERFORMANCE ASSESSMENT BASED ON RELIABILITY IN HURON MACHINES USING COST OF UNRELIABILITY (COUR) METHOD USING COST OF POOR MAINTENANCE (COPM) ANALYSIS IN PT. PINDAD (PERSERO)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IDA BAGUS YOGA SAMKHYAITA
Perorangan
Fransiskus Tatas Dwi Atmaji, Judi Alhilman
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4DB3 - MANAJEMEN ASET
  • IEH4DA3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEH4DD3 - REALIBILITY DAN MAINTAINABILITY
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • IEI4U3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEI4S3 - MANAJEMEN ASET
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini