PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN STRUKTUR ASET TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)

RAKA BUDI PAMUNGKAS

Informasi Dasar

19.04.2198
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Struktur modal merupakan hal yang penting bagi perusahaan, karena struktur modal merupakan bagian dari struktur keuangan suatu perusahaan yang dapat digambarkan sebagai perbandingan antara utang jangka panjang dan modal sendiri. Untuk menghitung struktur modal pada penelitian ini akan digunakan Debt to Equity Ratio (DER). Sebuah perusahaan yang pendanaannya lebih besar berasal dari utang daripada modal sendiri, maka semakin besar pula risiko bisnis, dan risiko gagal bayar atau memenuhi kewajiban yang dihadapi perusahaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Struktur Aset pada perusahaan manufaktur sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Lapoan keuangan diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 21 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun, sehingga diperoleh 84 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah data panel dengan menggunakan software Eviews9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan likuiditas, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan struktur aset berpengaruh terhadap struktur aset (DER). Secara parsial profitabilitas berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap struktur modal. Pertumbuhan penjualan dan struktur aset berpengaruh signifikan dengan arah positif. Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan diharapkan dapat mengelola asetnya dengan baik, sehingga perusahaan tetap mengutamakan pembiayaan internal sebelum menggunakan dana eksternal, menggunakan utang dengan efektif untuk mengembangkan perusahaan, investasi, dan kegiatan operasional, dan melakukan pembiayaan eksternal selama masih memiliki aset tetap untuk dijadikan jaminan

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN STRUKTUR ASET TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAKA BUDI PAMUNGKAS
Perorangan
Vaya Juliana Dillak
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini