PENGARUH REPUTASI AUDITOR, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN ( Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia di Periode 2013-2017 )

GUSTI IMAM TRYANSYAH

Informasi Dasar

19.04.2207
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Going Concern adalah kelangsungan hidup dari suatu entitas usaha dan asumsi dalam pelaporan keuangan suatu usaha, sehingga apabila entitas usaha mengalami kondisi sebaliknya maka entitas usaha tersebut menjadi bermasalah. Asumsi-asumsi ini membuat perusahaan harus memiliki kemampuan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya secara operasional di masa sekarang, dan dapat melanjutkan usahanya di masa depan. Opini Audit Going Concern, adalah opini atau pendapat yang dikeluarkan auditor untuk memastikan apakah perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Pertumbuhan domestik bruto perusahaan sektor pertambangan mengalami penurunan yang signifikan pada tahun 2015. Hal tersebut memberikan tanda bahwa menurunnya tingkat konsumsi terhadap suatu produk dalam suatu negara yang akan memberikan dampak negatif berkurangnya pendapatan sektor pertambangan yang dihasilkan sehingga dapat memicu terjadinya penerimaan opini audit going concern. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh reputasi auditor, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Metode sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 perusahaan dan periode penelitian selama 5 tahun sehingga diperoleh jumlah unit sampel sebanyak 175 data. Dalam menganalisis pengaruh antara variabel independen dengan dependen digunakan analisis regresi logistik menggunakan software IBM SPSS Statistics versi 23. Berdasarkan hasil penelitian, variabel reputasi auditor, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern, dimana reputasi auditor, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan dapat memopengaruhi penerimaan opini audit going concern. Secara parsial, didapatkan hasil variabel reputasi auditor dan profitabilitas berpengaruh denga hasil negatif terhadap penerimaan opini audit going concern. Sedangkan variabel leverage dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern.

Kata kunci; Going Concern, Leverage, Opini Audit Going Concern, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Reputasi Auditor.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH REPUTASI AUDITOR, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN ( Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia di Periode 2013-2017 )
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GUSTI IMAM TRYANSYAH
Perorangan
Khairunnisa
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini