USULAN TREATMENT RISIKO MENGGUNAKAN RISK ASSESSMENT BERDASARKAN ISO 31000:2018 PADA PROSES PRODUKSI BROWNIES ORIGINAL DI CV XYZ UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN ISO 9001:2015 KLAUSUL 6.1

NANDA MARHANDHIKA PUTRI

Informasi Dasar

19.04.2375
332.015 195
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV XYZ merupakan perusahaan yang memproduksi olahan makanan khas Kota Bandung. CV XYZ memiliki 32 jenis produk, salah satunya adalah brownies kukus original. Dalam kegiatan produksi sehari-hari berbagai kejadian berpotensi risiko dapat terjadi. Saat ini CV XYZ belum menerapkan manajemen pengelolaan risiko. Dengan adanya penelitian ini, bertujuan untuk memberikan usulan sistem pengelolaan risiko pada proses produksi produk brownies kukus original.
Data yang menjadi input pada penelitian ini adalah kondisi yang berpotensi risiko dari isu internal dan eksternal pada CV XYZ, proses produksi produk, dan kriteria penilaian risiko. Keadaaan aktual CV XYZ dibandingkan dengan persyaratan ISO 9001:2015 sehingga diperoleh gap. Data tersebut diproses untuk melakukan risk assessment dan memberikan usulan risk treatment sesuai dengan persyaratan ISO 31000:2018. Output dari penelitian ini adalah memberikan usulan treatment risiko proses produksi brownies kukus original.
Berdasarkan hasil risk assessment terdapat 9 risiko dengan tingkatan low, medium, dan high. Usulan treatment risiko yang diberikan pada penelitian ini terdiri atas mitigation plan, dan contingency plan yang didata di dalam risk register. Mitigation plan yang diusulkan adalah dengan melakukan briefing sebelum memulai pekerjaan, melakukan pengawasan pekerjaan, menyediakan paduan berbentuk safety sign yang berisi aktivitas wajib dilakukan, serta menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Adapun Contingency plan yang diusulkan dengan memisahkan produk rusak ke area pendinginan, menambahkan waktu produksi dan memberikan pelatihan secara berkala kepada operator quality control.
Kata kunci: ISO 31000:2018, ISO 9001:2015, risk assessment, risk treatment, risk register

Subjek

RISK MANAGEMENT
 

Katalog

USULAN TREATMENT RISIKO MENGGUNAKAN RISK ASSESSMENT BERDASARKAN ISO 31000:2018 PADA PROSES PRODUKSI BROWNIES ORIGINAL DI CV XYZ UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN ISO 9001:2015 KLAUSUL 6.1
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NANDA MARHANDHIKA PUTRI
Perorangan
SRI WIDANINGRUM, MELDI RENDRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini