PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA UNIVERSITAS TELKOM

SALSABILA SHOFI ATHAYA

Informasi Dasar

19.04.2404
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Tumbuhnya minat berwirausaha dapat dilatarbelakangi oleh berbagai faktor, diantaranya adanya faktor kecerdasan emosional dan motivasi berwirausaha yang ada dalam diri seorang individu. Dengan adanya fenomena tersebut, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Universitas Telkom sebagai salah satu perkumpulan para mahasiswa peminat wirausaha yang cukup terkenal di Bandung bahkan menjadi HIPMI percontohan se-Jawa Barat dapat digunakan sebagai wadah bagi para anggotanya untuk memotivasi diri sehingga dapat menumbuhkan minat berwirausaha dan juga sebagai penggerak dalam proses regenerasi pengusaha yang ada di Indonesia, demi perubahan perekonomian dimasa yang akan datang. Maka dari itu agar minat berwirausaha dapat tumbuh dalam diri anggota HIPMI Universitas Telkom perlu adanya kecerdasan emosional dan motivasi yang dimiliki dari masing-masing anggotanya. Tujuan penelitian adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Universitas Telkom. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Responden penelitian adalah anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Universitas Telkom yang belum memiliki bisnis. Sampel sebanyak 140 responden yang diperoleh menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional dan motivasi berwirausaha mempengaruhi minat berwirausaha secara positif dan signifikan sebesar 64,4%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk menumbuhkan minat berwirausaha dalam diri seseorang diperlukan adanya kecerdasan emosional dan motivasi berwirausaha, sehingga menjadi wirausaha yang sukses dan bermanfaat bagi sesama.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Berwirausaha, Minat Berwirausaha.

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA UNIVERSITAS TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABILA SHOFI ATHAYA
Perorangan
Imanuddin Hasbi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini