PERFORMANSI MULTIPOWER PADA FRAKSI LED DI SISTEM VISIBLE LIGHT COMMUNICATION (VLC) DI DALAM RUANGAN TERTUTUP

BERLIAN NURFADHILAH

Informasi Dasar

19.04.2412
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tugas Akhir ini melakukan studi atas Optical Wireless Communication (OWC), dalam Tugas Akhir ini, mengusulkan penlitian performansi multipower pada fraksi LED untuk sistem Indoor Visible Light Communication (VLC). Teknologi jaringan nirkabel semakin berkembang sangat pesat. Teknologi jaringan nirkabel optik atau Optical Wireless Communication (OWC) sangat diminati untuk menunjang kebutuhan sebuah teknologi informasi dan komunikasi. VLC adalah teknologi baru di bidang komunikasi nirkabel optik, VLC merupakan media komunikasi melalui cahaya tampak dari LED dapat di implementasikan untuk komunikasi sistem Indoor maupun komunikasi sistem Outdoor

Untuk mendukung sinyal daya terima yang baik, Tugas Akhir ini melakukan uji perfomansi multipower dengan menggunakan daya distribusi 2.5 W dan 3 W, serta untuk meningkatkan kinerja Bit erro rate (BER) coverage yang optimum, Tugas Akhir ini menggunakan lima buah LED di dalam ruangan komunikasi yang tetutup dengan dimensi ruangan 5 m X 5 m X 3 m. Kinerja sistem dievaluasi mengguanakan beberapa parameter seperti BER, Signal-to-noise ratio (SNR),Optical Power Distribution. Hasil menunujukan bahwa sistem VLC dengan fraksi lebih baik dibandingkan dengan sistem VLC tanpa fraksi.

Hasil menunjukan bahwa sistem VLC dengan fraksi lebih baik dibandingkan dengan sistem VLC tanpa fraksi. Hal ini di buktikan dengan hasil daya terima sistem VLC di didalam ruangan,untuk penggunaan daya kirim sebesar 2.5 W dan 3 W mencapai minimum BER treshold sebesar BER <=10^-3 saat daya terima sebesar -15 dBm dan -14.5 dBm. Dengan cakupan link komunikasi terbaik pada sistem VLC dengan fraksi penggunaan daya kirim 3 W sebesear 25 m^2.

Subjek

WIRELESS COMMUNICATION SYSTEM
 

Katalog

PERFORMANSI MULTIPOWER PADA FRAKSI LED DI SISTEM VISIBLE LIGHT COMMUNICATION (VLC) DI DALAM RUANGAN TERTUTUP
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BERLIAN NURFADHILAH
Perorangan
Desti Madya Saputri, Brian Pamukti
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4L3 - KOMUNIKASI OPTIK LANJUT
  • TTH3H3 - SISTEM KOMUNIKASI OPTIK
  • TTI3C3 - SISTEM KOMUNIKASI OPTIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini