Proposal Tugas Akhir Perancangan Ulang Alat Angkut Barang Melalui Tangga pada Bangunan Bertingkat Berdasarkan Aspek Ergonomi. (Studi Kasus pada Asrama Telkom University)

MUHAMMAD YOSA RIZAL

Informasi Dasar

19.04.2429
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kota Bandung memiliki universitas yang banyak diminati oleh siswa dari seluruh Indonesia. Beberapa universitas favorit yang ada di Kota Bandung adalah Insitut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Telkom University, Univeristas Katholik Parahayangan, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Islam Negeri Bandung, Politeknik Negeri Bandung, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial dan masih banyak universitas lainnya yang ada di Kota Bandung. Dengan demikian setiap tahunnya Kota Bandung banyak didatangi pendatang baru dari seluruh Indonesia untuk melanjutkan studi mereka di Kota Bandung. Fasilitas yang disediakan universitas untuk membantu para mahasiswa rantau adalah dengan menyediakan fasilitas Asrama. Namun sayanganya banyak Asrama di Kota Bandung yang tidak memiliki fasilitas lift padahal rata rata asrama di Kota Bandung memiliki 3-5 lantai, hal ini akan sangat menyulitkan untuk proses pemindahan barang. Dalam studi kasus pada asrama Telkom University yang memiliki priode tertentu untuk masuk dan keluar dari asrama, yakni 1 tahun pertama wajib asrama dan tahun selanjutnya harus keluar dari asrama. Setiap pemindahan barang besar seperti koper, tas besar, galon air, dan barang lainnya penghuni asrama sering mengalami nyeri pada beberapa bagian tubuh karena mengangkut beban yang cukup berat dalam posisi miring atau menaiki tangga. Dari permasalahan tersebut peneliti mencoba mencari solusi dari permasalahan yang terjadi saat pemindahan barang berat melalui tangga agar proses pemindahan lebih efektif dan efesien. Salah satunya yaitu dengan perancangan ulang Troli Tangga yang sesuai dengan ergonomi masyarakat Indonesia. Selain itu dibutuhkan inovasi pada ukuran dan juga bentuk dari roda troli tersebut. Inovasi ini di sarankan berdasarkan hasil studi terhadap ergonomi masyarakat Indonesia.

Subjek

PRODUCT DESIGN
 

Katalog

Proposal Tugas Akhir Perancangan Ulang Alat Angkut Barang Melalui Tangga pada Bangunan Bertingkat Berdasarkan Aspek Ergonomi. (Studi Kasus pada Asrama Telkom University)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD YOSA RIZAL
Perorangan
Diena Yudiarti, Muchlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • C1H4A6 - TUGAS AKHIR
  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini