PENGUKURAN RESISTIVITAS PADA PELAT KONDUKTOR TIPIS MENGGUNAKAN METODE FOUR POINT PROBE (RESISTIVITY MEASUREMENT ON THIN CONDUCTOR PLATE USING FOUR POINT PROBE METHOD)

ARIEF ELANG RAHARJA

Informasi Dasar

19.04.2529
620
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu metode pengukuran resistivitas yang banyak digunakan adalah metode Four Point Probe. Metode four point probe dapat mengukur resistivitas dengan tepat dan akurat. Metode ini menggunakan empat buah probe yang terdiri dari dua buah probe yang berfungsi mengalirkan arus dan dua buah probe untuk membaca tegangan. Pada penelitian ini akan mengukur resistivitas bahan dengan metode Four Point Probe dan susunan Wenner supaya didapatkan pembacaan yang tepat dan akurat serta tidak memerlukan biaya yang banyak. Pada penelitian resistivitas ini digunakan material pelat tipis konduktor dengan ketebalan maksimum 0,01cm seperti PCB tembaga, pelat tembaga, pelat seng, dan pelat stainless steel. Pada hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata – rata resistivitas pada pcb tembaga sebesar 1,96×?10?^(-8) ?.m, nilai resistivitas pada pelat tembagasebesar 2,227×?10?^(-8) ?.m, pada pelat seng sebesar 2,42×?10?^(-7) ?.m, dan pada pelat stainless steel sebesar 1,02×?10?^(-6) ?.m. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai resistivitas pada pelat konduktor salah satunya dipengaruhi oleh suhu yang dihasilkan oleh arus yang cukup besar. Kata Kunci : Resistivitas, Four Point Probe, susunan Wenner

Subjek

ENGINEERING
 

Katalog

PENGUKURAN RESISTIVITAS PADA PELAT KONDUKTOR TIPIS MENGGUNAKAN METODE FOUR POINT PROBE (RESISTIVITY MEASUREMENT ON THIN CONDUCTOR PLATE USING FOUR POINT PROBE METHOD)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIEF ELANG RAHARJA
Perorangan
Asep Suhendi, Dudi Darmawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • FEH4A2 - PENULISAN KARYA ILMIAH DAN PROPOSAL
  • TFH3P3 - TEKNIK INSTRUMENTASI
  • FT3313 - TEKNIK PENGUKURAN
  • FEH4B4 - TUGAS AKHIR
  • FTG404 - TUGAS AKHIR II
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • TFI3H3 - TEKNIK INSTRUMENTASI
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini