PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO, BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL, DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP NON PERFORMING LOAN (NPL) (Studi pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)

RADITA NURAUDHA KUSUMAWARDANI

Informasi Dasar

19.04.2558
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) menunjukan kinerja fungsi suatu bank yang akan mencerminkan kesehatan bank tersebut. Apabila tingkat Non Performing Loan (NPL) tinggi menunjukkan bahwa kesehatan bank yang rendah dan memiliki kredit bermasalah yang tinggi dalam kegiatannya operasionalnya tersebut. Oleh karena itu penulis akan menganalisis faktor-foktor yang dianggap memiliki pengaruh terhadap Non Performing Loan (NPL). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menguji bagaimana Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional Pendapatan Opersional (BOPO), dan terhadap Non Performing Loan (NPL) pada sub perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2017. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indoensia (BEI) selama periode 2014-2017 sebanyak 42 perbankan. Teknik pengambilan sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 perbankan selama 4 tahun, dihilangkan data outlier sebanyak 17 data sehingga jumlah unit sampel sebanyak 127 data. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 9. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh hasil bahwa Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional Pendapatan Opersional (BOPO), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh secara simultan terhadap Non Performing Loan (NPL). Secara parsial Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh terhadap Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional Pendapatan Opersional (BOPO) berpengaruh positif terhadap Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh signifikan negatif terhadap Non Performing Loan (NPL). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan peneliti selanjutnya menambah sampel penelitian dan menggunakan variabel lain diluar penelitian ini. Diharapkan bank lebih memperhatikan Biaya Operasional Pendapatan Opersional (BOPO) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) sebaik mungkin.

Kata Kunci: Biaya Operasional Pendapatan Opersional (BOPO); Capital Adequacy Ratio (CAR); Loan to Deposit Ratio (LDR); Non Performing Loan (NPL).

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO, BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL, DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP NON PERFORMING LOAN (NPL) (Studi pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RADITA NURAUDHA KUSUMAWARDANI
Perorangan
DEANNES ISYNUWARDHANA, ARDAN GANI ASALAM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini