ANALISIS KOMPARASI KINERJA INVESTASI PORTOFOLIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHARPE DAN METODE TREYNOR (Studi Kasus Pada Reksadana Pendapatan Tetap Syariah Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tahun 2018)

RINRIN RINAWATI

Informasi Dasar

19.04.2593
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebagai salah satu instrumen investasi, Reksadana Syariah memiliki kriteria yang berbeda dengan reksadana konvensional pada umumnya. Perbedaan ini terletak pada pemilihan instrumen investasi dan mekanisme investasi yang tidak boleh bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah. Perbedaan lainnya adalah keseluruhan proses manajemen portofolio, screeninng (penyaringan), dan cleansing (pembersihan). Melalui penelitian ini akan dilakukan penelitian untuk mengetahui kinerja reksadana pendapatan tetap syariah terhadap variabel metode sharpe dan metode treynor, sehingga dapat menyimpulkan mengenai ada dan tidak adanya perbedaan yang signifikan terhadap kinerja reksadana pendapatan tetap syariah dengan metode Sharpe dan metode Treynor pada periode tahun 2018. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan pengujian hipotesis bersifat komparatif. Berdasarkan waktu pelaksanaan, penelitian ini termasuk dalam data Cross Section. Kriteria-kriteria yang telah ditentukan dalam pemilihan sampel yaitu Reksadana pendapatan tetap syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan dana kelola sebesar 100 – 500 Miliyar pada tahun 2018. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Uji Independent Samples t-Test dimana nilai probabilitas (Sig.) 0,199 > 0,05 maka H0 Diterima, artinya dapat dikatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kinerja reksadana pendapatan tetap syariah dengan menggunakan metode sharpe dan metode treynor. Hal ini dibuktikan metode sharpe dan metode treynor saling berkaitan dan melengkapi pada portofolio reksadana pendapatan tetap syariah

Kata kunci : Reksadana Pendapatan Tetap Syariah; Metode Sharpe; Metode Treynor;
Kuantitatif; Uji Independent Samples t-Test

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS KOMPARASI KINERJA INVESTASI PORTOFOLIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHARPE DAN METODE TREYNOR (Studi Kasus Pada Reksadana Pendapatan Tetap Syariah Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tahun 2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RINRIN RINAWATI
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini