PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, DAN AKTIVITAS TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Sub Sektor Asuransi yang terdaftar di BEI periode 2013-2017)

ASTRI KRISMUTIA DEWI

Informasi Dasar

19.04.2618
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan didirikan dengan tujuan meningkatkan nilai profitabilitas perusahaan sehingga dapat memberikan kemakmuran bagi pemilik atau para pemegang saham. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu dengan memaksimalkan labanya. Untuk mengukur tingkat keuntungan suatu perusahaan, digunakan rasio keuntungan atau rasio profitabilitas. Selain itu rasio ini bertujuan untuk mengukur tingkat efektifitas manajemen dalam melakukan kegiatan operasional perusahaan. Kinerja perusahaan asuransi umum yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) belum mengalami perkembangan hingga kuartal ketiga tahun 2017. Dari 12 perusahaan, terdapat delapan perusahaan yang mengalami penurunan kinerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh struktur modal menggunakan perhitungan debt to equity ratio (DER), liabilitas menggunakan,perhitungan current ratio (CR) dan aktivitas menggunakan perhitungan total aset turnover (TATO) terhadap profitabilitas menggunakan perhitungan return on equity (ROE), dengan menggunakan teknik analisis regresi data panel pada perusahaan sub sektor asuransi yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor asuransi yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Metode sampling menggunakan metode purposive sampling diperoleh jumlah unit sampel sebanyak 50 data dengan jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan dan periode penelitian selama 5 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel dan pengujian hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil pengujian yang diperoleh dari penelitian ini secara parsial struktur modal memiliki pengaruh signifikan pada profitabilitas, likuiditas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas, dan aktivitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan struktur modal, likuiditas, dan aktivitas berpengaruh terhadap profitabilitas.

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, DAN AKTIVITAS TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Sub Sektor Asuransi yang terdaftar di BEI periode 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASTRI KRISMUTIA DEWI
Perorangan
KHAIRUNNISA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini