Pengaruh Student Engagement Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) Angkatan 2015 Universitas Telkom)

TALITHA DESIDERIA ZILLULLAH

Informasi Dasar

19.04.2641
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Penelitian ini dilakukan di Universitas Telkom tepatnya di Fakultas Ekonomi bisnis dengan student engagement sebagai variabel bebas serta prestasi akademik sebagai variabel terikat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi student engagement, prestasi akademik mahasiswa Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) angkatan 2015 Universitas Telkom. Selain itu, untuk melihat seberapa tinggi pengaruh student engagement terhadap prestasi akademik pada mahasiswa program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) angkatan 2015 Universitas Telkom . Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif yang merupakan mahasiswa dari program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) angkatan 2015 Universitas Telkom. Metode yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tujuan penelitian deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini melalui analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji hipotesis uji T. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa student engagement berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) angkatan 2015 Universitas Telkom. Hasil tersebut telah terbukti berdasarkan hipotesis adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa student engagement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik dengan persentase sebesar 64,1%, dan sebanyak 35,9% sisanya dijelaskan oleh sebab atau faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Subjek

Organization behavior:management
 

Katalog

Pengaruh Student Engagement Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) Angkatan 2015 Universitas Telkom)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TALITHA DESIDERIA ZILLULLAH
Perorangan
Hani Gita Ayuningtias
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SI331044 - HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
  • SM432103 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
  • SM331053 - PERILAKU ORGANISASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini