PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2013 – 2017)

ELLEN FEBRIANI KHAERUNISA

Informasi Dasar

19.04.2684
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba adalah upaya manajer perusahaan untuk mempengaruhi informasi dalam laporan keuangan dengan tujuan untuk mengelabui stakeholder yang ingin mengetahui kinerja dan kondisi perusahaan. Unsur-unsur laporan keuangan yang dapat dijadikan sasaran untuk dilakukan manajemen laba yaitu kebijakan akuntansi, pendapatan dan biaya. Dalam penelitian ini variabel independen adalah kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit dan kualitas audit. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit dan kualitas audit terhadap manajemen laba pada perusahaan badan usaha milik negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan badan usaha milik negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 – 2017. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 14 perusahaan dengan pengamatan selama empat tahun sehingga di dapatkan 70 sampel yang di observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 9.0. Berdasarkan hasil penelitian, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit dan kualitas audit berpengaruh secara simultan terhadap manajemen laba. Secara parsial, kualitas audit berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Sedangkan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan komite audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Bagi perusahaan diharapkan mengurangi praktik manajemen laba.

Kata Kunci : Manajemen laba, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit dan kualitas audit.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2013 – 2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELLEN FEBRIANI KHAERUNISA
Perorangan
DINI WAHJOE HAPSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini