PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA UMKM MENENGAH DI JAWA BARAT (STUDI KASUS PADA BEBERAPA UMKM MENENGAH DI BANDUNG)

TUBAGUS MAULANA

Informasi Dasar

19.04.2762
303.34
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Sumber daya manusia (SDM) memiliki peran yang sangat penting dalam suatu organisasi atau perusahaan. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik dapat membantu organiasai dalam mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini dilakukan pada beberapa UMKM menengah di Jawa Barat khususnya Bandung. 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan kepemimpinan dan kompensasi pada UMKM tersebut. Serta untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan kompensasi terhadap employee engagement pada UMKM menengah di Jawa Barat khususnya Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada beberapa UMKM menengah di Jawa Barat khususnya Bandung. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi berganda, koefisian determinasi, uji hipotesis uji T dan uji F. Hasil temuan dalam penelitian ini, menyimpulkan bahwa kepemimpinan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap employee engagement sebesar 21,7%. Dan kompensasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap employee engagement sebesar 21,7%. Selain itu, dapat di simpulkan bahwa kepemimpinan dan kompensasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap employee engagement. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan untuk UMKM menengah di Jawa Barat khususnya Bandung. Pimpinan UMKM menengah di Jawa Barat khususnya Bandung, diharapkan dapat lebih memberikan perhatian kepada karyawan dan lebih partisipatif. UMKM menengah juga diharapkan dapat memberikan kompensasi yang adil dan konsisten selain itu UMKM menengah ini diharapkan dapat menciptakan hubungan yang baik antara karyawan dengan pimpinan UMKM menengah tersebut.

Kata Kunci : Kepemimpinan, UMKM, Kompensasi, Employee Engagement

Subjek

BUSINESS & ECONOMICS-ORGANIZATIONAL BEHAVIOR
 

Katalog

PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA UMKM MENENGAH DI JAWA BARAT (STUDI KASUS PADA BEBERAPA UMKM MENENGAH DI BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TUBAGUS MAULANA
Perorangan
Ella Jauvani Sagala
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis, Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini