PERANCANGAN POSITIONING PRODUK SNEAKERS GEOFF MAX BANDUNG BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALLING (MDS)

NAUFAL FAUZAN ARIANTO

Informasi Dasar

19.04.2813
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

GEOFF Max merupakan salah satu produk sneakers yang sedang berkembang di kota Bandung dan berdiri pada tahun 2012. Saat ini, GEOFF Max mengalami gejala permasalahan yaitu tidak tercapainya target penjualan produk sneakers dikarenakan produk sneakers kurang diminati pasar dan pembeli. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan konfirmasi kepada konsumen dalam bentuk survei pendahuluan sebanyak 30 responden pengguna sneakers di Bandung. Survei pendahuluan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen dan calon konsumen mengenai perbedaan GEOFF Max dengan produk sneakers lainnya. Hasil wawancara didapatkan bahwa 70% responden pengguna sneakers dibandung menilai bahwa setiap produk sneakers tidak lebih memiliki kesamaan. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk sneakers GEOFF Max lemah. Salah satu cara untuk membuat competitive differentitation tersebut yaitu dengan melakukan strategi posisi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui posisi pada GEOFF Max dengan pesaingnya di Bandung menggunakan metode multidimensional scaling berbasis atribut yang digunakan dalam perceptual mapping untuk GEOFF Max berdasarkan persepsi konsumen dan memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan oleh GEOFF Max. Selain itu, Penelitian ini dilakukan penggalian atribut produk sneakers terhadap 10 responden pengguna sneakers dibandung sehingga didapatkan 12 atribut produk sneakers Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 orang dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling (non probability sampling). Hasil pengolahan data MDS berupa perceptual mapping terdapat tiga kelompok produk sneakers yang dibagi kedalam tiga wilayah. GEOFF Max menempati wilayah yang dekat dengan atribut ukuran, jalur distribusi, popularitas dan kemasan. Pada penelitian ini atribut yang unggul dijadikan acuan untuk penyusunan perbaikan posisi GEOFF Max, dengan menonjolkan atribut ukuran, harga dan desain. Dengan atribut produk sneakers tersebut akan menjadi strategi posisi yang diterapkan oleh GEOFF Max.

Kata Kunci: GEOFF Max, Produk Sneakers, Perceptual Mapping dan Multidimensional Scaling

Subjek

MARKET RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN POSITIONING PRODUK SNEAKERS GEOFF MAX BANDUNG BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALLING (MDS)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL FAUZAN ARIANTO
Perorangan
Budi Yogaswara, Boby Hera Sagita
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IE2823 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEG4S3 - RISET PEMASARAN
  • IEG2J3 - SISTEM MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEH4FC3 - STRATEGI PEMASARAN
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • IEI5R3 - STRATEGI PEMASARAN
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini