TATA KELOLA DATA SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (SPBE) PADA DOMAIN DATA QUALITY MANAGEMENT (DQM) DAMA DMBOK V2 (STUDI KASUS : DISKOMINFOTIK KBB)

AGUNG BUDI PRASETYO

Informasi Dasar

19.04.2836
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

TATA KELOLA DATA SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (SPBE) PADA DOMAIN DATA QUALITY MANAGEMENT (DQM) DAMA DMBOK V2 (STUDI KASUS : DISKOMINFOTIK KBB) Oleh Agung Budi Prasetyo 1202152179 Manajemen data adalah suatu manajemen yang terdiri dari kemampuan dalam merancang, menyimpan, serta mengakses data secara efektif dengan benar, manajemen data juga sangat dibutuhkan sebagai kebutuhan bisnis yang aman. Nilai data sendiri adalah suatu nilai yang dapat dimafaatkan, namun saat ini kurangnya pengetahuan mengenai data akan menyebabkan data berkualitas rendah sehingga berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan organisasi dalam desain sistem, proses pengembangan yang tidak konsisten, dokumentasi yang tidak lengkap, dokumentasi yang tidak lengkap kurangnya standar terhadap proses tata kelola data. Banyak organisasi yang gagal dalam membuat data yang sesuai dengan tujuan awalnya. Diperlukannya disiplin ilmu dalam mengembangkan manajemen data yang berkontribusi dengan data quality. Kualitas layanan data, memiliki beberapa bagian pada manajemen data Field dalam perangkat atau sistem penyimpanan data dapat mengenai dengan, operasional dalam penyimpanan (Haining Liu 2016). Tujuan dari kualitas data adalah data yang berkualitas tinggi dengan acuan tahapan-tahapan di atas. Data dapat berkualitas buruk apabila data tidak terintegrasi serta serta tidak dinformasikan secara konseptual. Untuk menjadikan data dengan kualitas tinggi diperlukan komitmen dalam menggapai tujuan serta koordinasi sesama entitas yang berhubungan dengan data itu sendiri.

Keywords: Data Quality Management, DAMA-DMBOK Data Management Body of Knowledge 2nd Edition, People, Process, and Technology.

Subjek

Information management - data processing.
 

Katalog

TATA KELOLA DATA SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (SPBE) PADA DOMAIN DATA QUALITY MANAGEMENT (DQM) DAMA DMBOK V2 (STUDI KASUS : DISKOMINFOTIK KBB)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUNG BUDI PRASETYO
Perorangan
Muhamad Irfan Darmawan, Rahmat Moelyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4W3 - MANAJEMEN DATA ENTERPRISE
  • ISH4U3 - MANAJEMEN RESIKO DAN KEAMANAN INFORMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini