PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)

MUHAMMAD IRFAN

Informasi Dasar

19.04.2945
658.151 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba dapat didefinisikan sebagai intervensi manajemen perusahaan untuk memilih kebijakan dalam menentukan laba dalam penyusunan laporan keuangan. Hal tersebut dilakukan dengan motivasi untuk menunjukkan kinerja yang baik kepada investor dan untuk meperoleh keuntungan tersendiri. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemilikan manajerial, leverage, dan profitabilitas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial, leverage, dan profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017. Teknik pemilihan sampel dengan menggunakan purpose sampling dan diperoleh 74 perusahaan dengan pengamatan selama empat tahun sehingga didapatkan 296 sampel yang diobservasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 9.0. Berdasarkan analisis deskriptif didapatkan nilai untuk masing-masing variabel yaitu variabel independen kepemilikan manajerial memiliki nilai rata-rata sebesar 0,0256 dan nilai standar deviasi sebesar 0,0636.Variabel independen leverage memiliki nilai rata-rata sebesar 0,4522 dan nilai standar deviasi sebesar 0,1938.Variabel independen profitabilitas memiliki nilai rata-rata sebesar 0,0427 dan nilai standar deviasi sebesar 0,0681.Variabel depeden manajemen laba memiliki nilai rata-rata sebesar 0,0382 dan nilai satandar deviasi sebesar 0,0953. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan variabel independen kepemilikan manajerial, leverage dan profitabilitas hanya dapat menjelaskan variabel dependen manajemen laba sebesar 3,54% dan sisanya 96,46% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Secara parsial, kepemilikan manajerial, leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan variabel profitabilitas memiliki pengaruh positif terhadap manajemen laba. Secara simultan menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, leverage dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Subjek

FINANCE AND ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IRFAN
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini