PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE, ETIKA PROFESI, PROFESIONALISME, KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA AUDITOR (Survei pada Kantor Akuntan Publik Kota Bandung Periode 2019)

CRYS GITA YOSEVA SILALAHI

Informasi Dasar

19.04.3037
657.42
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Auditor memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan jaminan atas kewajaran laporan keuangan. Auditor dituntut untuk dapat melakukan pemeriksaan sesuai dengan ketentuan dan standar aktif yang berlaku. Hal ini dimaksudkan agar auditor dalam bekerja mampu meningkatkan kinerjanya. Akan tetapi, dalam kenyataan di lapangan menunjukkan adanya kesenjangan antara kinerja aktual auditor dengan kinerja yang diharapkan. Penerimaan tersebut tidak terlepas dari karakteristik individu yang ikut menentukan kinerja auditor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara simultan maupun parsial dari variabel independen dalam penelitian ini yaitu time budget pressure, etika profesi, profesionalisme, komitmen organisasi apakah memiliki pengaruh terhadap variabel dependen kinerja auditor pada Kantor Akuntan Publik di kota Bandung periode 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik yang berada di kota Bandung. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan 52 responden. Data yang diolah adalah data primer melalui survei menggunakan kuisioner yang kemudian dianalisis dengan menggunakan garis kontinum untuk mendeskripsikan data. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel time budget pressure, etika profesi, professionalisme, komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor. Secara parsial, time budget pressure, etika profesi, komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja auditor. Sedangkan profesionalisme berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja auditor. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan hanya variabel profesionalisme saja yang berpengaruh signifikan dengan arah positif. Saran bagi pihak KAP, sebaiknya memilih auditor yang profesional, yaitu yang memiliki rasa pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, kemandirian, keyakinan terhadap peraturan profesi, hubungan dengan sesama profesi yang baik. Karena auditor yang memiliki profesionalisme yang baik akan menjalankan pekerjaannya dengan penuh kecermatan, kejujuran, kesungguhan, sehingga kinerja yang dihasilkan baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Kata Kunci: Etika Profesi, Kinerja Auditor, Komitmen Organisasi, Profesionalisme, Tekanan Anggaran Waktu

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE, ETIKA PROFESI, PROFESIONALISME, KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA AUDITOR (Survei pada Kantor Akuntan Publik Kota Bandung Periode 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CRYS GITA YOSEVA SILALAHI
Perorangan
Muhammad Muslih, Djusnimar Zultilisna
 

Penerbit

Universitas Telkom. S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini