PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, EARNING PER SHARE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)

NADHILA PUTRI ALYANI

Informasi Dasar

19.04.3130
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan suatu perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan atau kekayaan pemegang saham. Meningkatnya nilai perusahaan adalah sebuah prestasi yang sesuai dengan keinginan pemiliknya, karena dengan meningkatnya nilai perusahaan maka kesejahteraan para pemiliki juga akan meningkat. Sehingga perusahaan menunjukkan kinerja yang baik yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage (DAR), profitabilitas (ROI), earning per share (EPS) dan ukuran perusahaan (SIZE) terhadap nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan dan laporan tahunan. Laporan keuangan dan laporan tahunan tersebut diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 34 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun, sehingga diperoleh 136 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisi regresi linier berganda dengan mengunnakan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan leverage (DAR), profitabilitas (ROI), earning per share (EPS) dan ukuran perusahaan (SIZE) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Secara parsial leverage (DAR) berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas (ROI) berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan. Earning per share (EPS) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan (SIZE) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, jika perusahaan perbankan berusaha untuk meningkatkan nilai perusahaan, maka perusahaan perlu memperhatikan leverage (DAR) dan profitabilitas (ROI) dikarenakan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Perusahaan dapat mempertimbangkan leverage karena leverage yang besar tidak selalu menjadi resiko untuk perusahaan. Perusahaan juga disarankan untuk tetap mempertahankan pengelolaan aset yang baik, sehingga perusahaan dapat mempertahankan labanya dan nilai perusahaan meningkat.

Subjek

Management-accounting
 

Katalog

PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, EARNING PER SHARE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADHILA PUTRI ALYANI
Perorangan
MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini