Perancangan Arsitektur Data, Aplikasi dan Teknologi Pada Sistem Informasi Terintegrasi dengan Metode Enterprise Architecture Planning (EAP) (Studi Kasus : iGracias YPT Group)

CHOIRUN NISA

Informasi Dasar

19.04.3148
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) adalah yayasan yang bergerak dalam dunia pendidikan yang memiliki beberapa lembaga dengan tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Setiap lembaga tersebut, memiliki sistem informasi serta database yang berbeda. Masalah penelitian kali ini disebabkan oleh sulitnya mengakses informasi dari satu lembaga ke lembaga yang lain. Dimana muncul dari kondisi sistem informasi yang belum terintegrasi satu sama lain. Hal tersebut menuntut terciptanya sebuah arsitektur sistem informasi yang saling terintegrasi demi mendukung proses bisnis. Karena YPT merupakan enterprise, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Enterprise Architechture Planning (EAP). Metode ini dipilih karena menggunakan pendekatan enterprise dalam mendefinisikan dan merancang arsitektur sistem informasi. Sehingga dapat menjadi pedoman jangka panjang bagi suatu organisasi dalam merancang dan mengembangkan sistem informasi terintegrasi. Luaran dari penelitian ini adalah rancangan arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi sistem informasi yang terintegrasi agar sesuai dengan kebutuhan dan strategi bisnis. Pengujian luaran dari penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara yang dimana narasumber ini terlibat langsung dalam proyek tersebut atau ahli di bidang database, web ataupun EAP itu sendiri. Wawancara dilakukan dengan cara meminta setiap narasumber untuk memberi penilaian terhadap 8 pernyataan yang di siapkan. Pengujian yang dilakukan pada perancangan arsitektur ini menghasilkan score sebesar 86,35% yang menandakan arsitektur ini penting untuk diimplementasikan.

Subjek

INFORMATION & COMMUNICATION TECHNOLOGY
 

Katalog

Perancangan Arsitektur Data, Aplikasi dan Teknologi Pada Sistem Informasi Terintegrasi dengan Metode Enterprise Architecture Planning (EAP) (Studi Kasus : iGracias YPT Group)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHOIRUN NISA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CDG4A3 - SISTEM INFORMASI LANJUT
  • CSG3A3 - SISTEM INFORMASI
  • CCH4D4 - TUGAS AKHIR
  • CSH3I3 - SISTEM INFORMASI
  • CSH4133 - SISTEM INFORMASI KORPORAT
  • CSH4353 - DATA WAREHOUSE
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR
  • CPI4E4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini