Steganografi Video Dengan Penyisipan Pesan Rahasia Menggunakan Teks Pada Frame Video Berbasis SSB-4 dan Discrete Cosine Transform (DCT)

SATRIO ARDHIMASETYO

Informasi Dasar

19.04.3150
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan pertukaran informasi yang semakin lama semakin membutuhkan privasi, maka keamanan dan kerahasiaan sebuah pesan informasi sangat perlu diperhatikan. Maka dari itu diperlukan suatu cara untuk menyisipkan pesan yang membawa informasi kedalam media cover tertentu contohnya audio dan video, cara tersebut salah satunya menggunakan steganografi. Pada Tugas Akhir ini menggunakan pesan teks rahasia yang akan di input ke dalam video host yang dilakukan dengan metode SSB-4 dan DCT sebagai penentuan lokasi frame dimana akan disisipkan pesan tersebut. SSB-4 merupakan metode yang dilakukan dengan mengubah bit ke 4 dari citra cover akan digantikan oleh bit pesan dan memodifikasi bit-bit reminder (yang ada pada bit ke 1,2,3 dan 5). Metode DCT mengkonversi data ke dalam penjumlahan serangkaian gelombang kosinus pada frekuensi yang berbeda. Proses penyisipan berhasil dilakukan dengan hasil yang sangat memuaskan. Nilai parameter terbaik yaitu pada video berukuran 720p dengan pesan yang disisipkan sebanyak 233 karakter, nilai yang didapatkan setelah dilakukan proses penyisipan pesan dan ekstraksi pesan menghasilkan nilai MSE = 0,048, PSNR = 61,256, BER = 0, dan CER = 0. Kata Kunci : Steganografi Video, SSB-4, PSNR, MSE, BER, CER.

Subjek

Signal processing - multimedia
 

Katalog

Steganografi Video Dengan Penyisipan Pesan Rahasia Menggunakan Teks Pada Frame Video Berbasis SSB-4 dan Discrete Cosine Transform (DCT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATRIO ARDHIMASETYO
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Nur Ibrahim
 

Penerbit

Universitas Telkom. S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4P3 - COMPUTER VISION
  • MUH1G3 - MATRIKS DAN RUANG VEKTOR
  • TTH4Q3 - STEGANOGRAFI AND WATERMARKING
  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TTI1B3 - MATRIKS DAN RUANG VEKTOR
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • TTI1B3 - MATRIKS DAN RUANG VEKTOR
  • ILI2B3 - MATRIKS DAN RUANG VEKTOR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini