DETEKSI POTENSI LENTIGO MALIGNA MELANOMA PADA CITRA SOLAR LENTIGINES MENGGUNAKAN METODE ABCD (ASYMMETRY, BORDER IRREGULARITY, COLORS, DIAMETER)

KURNIA ZIKIR BIMASTRO

Informasi Dasar

19.04.3232
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Solar Lentigines adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh seringnya kulit terpapar sinar matahari secara langsung. Penampakan pada penyakit solar lentigines bisa menyerupai penyakit kanker Lentigo Maligna Melanoma pada tahapan awal. solar lentigines penyakit yang tidak berbahaya dan tidak memerlukan perlakuan khusus, tetapi jika terjadi perubahan signifikan seperti luka tidak simetris, border yang tidak jelas, warna yang non-homogen, diameter yang melebihi 6 milimeter, maka solar lentigines patut dicurigai sebagai lentigo maligna melanoma tahapan awal. lentigo maligna melanoma adalah jenis kanker kulit yang langka tetapi berbahaya jika tidak segera diobati dengan bentuk asimetris, batas yang tidak jelas, warna yang non-homogen, diameter yang melebihi dari 6 milimeter. penelitian ini bertujuan untuk membantu mendeteksi potensi penyakit lentigo maligna melanoma dengan menggunakan citra solar lentigines. aplikasi ini menggunakan fitur ekstraksi ciri ABCD untuk memporeses citra inputan. metode ABCD adalah metode medis yang digunakan untuk mendeteksi kanker ditinjau dari segi asimetris, border yang tidak jelas, warna, diameter. data penelitian ini diperoleh dari salah satu rumah sakit di daerah bandung dan data telah disajikan dalam bentuk tabel dan dijelaskan secara informatif. Hasil aplikasi adalah diagnosa potensi penyakit. Nilai akurasi dari aplikasi ini sebesar 97,5% dari 40 dataset.

Subjek

Image processing - computer vision
 

Katalog

DETEKSI POTENSI LENTIGO MALIGNA MELANOMA PADA CITRA SOLAR LENTIGINES MENGGUNAKAN METODE ABCD (ASYMMETRY, BORDER IRREGULARITY, COLORS, DIAMETER)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KURNIA ZIKIR BIMASTRO
Perorangan
Tito Waluyo Purboyo, Casi Setianingsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CEG3F3 - APLIKASI MOBILE
  • CEH2E3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • CEG2C3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • CEG3C3 - DESAIN BASIS DATA
  • CEG3G3 - KECERDASAN BUATAN
  • CEH2A3 - PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK B
  • CEG4L3 - SISTEM MULTIMEDIA
  • TKI3G3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini