Pengaruh Kepemilikan Institusional, Intellectual Capital, Dan Leverage Terhadap Financial Distress (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017)

SASKHIA IRVING MAEST PURBA

Informasi Dasar

19.04.3314
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Financial distress merupakan situasi dimana arus kas perusahaan tidak dapat memenuhi kewajiban lancar saat ini. Kondisi keuangan yang buruk akan menyebabkan kesulitan bagi perusahaan, karena investor maupun kreditor akan berhati-hati untuk berinvestasi ataupun memberikan pinjaman kepada perusahaan sehingga akan meningkatkan risiko kebangkrutan pada perusahaan itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi financial distress. Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini adalah kepemilikan institusional (KI), intellectual capital (IC), dan leverage (DER) dan financial distress (Springate) sebagai variabel dependen. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan berjumlah 32 perusahaan dalam kurun waktu 4 tahun sehingga diperoleh 128 data sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi panel menggunakan software Eviews 10. Model random effect dipilih melalui 3 tes uji model regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, intellectual capital dan leverage berpengaruh secara simultan terhadap financial distress. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa semua variabel penelitian bersifat homogen. Secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (financial distress). Secara parsial intellectual capital (IC) berpengaruh negatif signifikan terhadap financial distress. Leverage (DER) berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress. Sedangkan variabel kepemilikan institusional (KI) tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Kata Kunci: Kepemilikan Institusional, Intellectual Capital, Leverage dan Financial Distress

Subjek

FINANCE AND ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Kepemilikan Institusional, Intellectual Capital, Dan Leverage Terhadap Financial Distress (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SASKHIA IRVING MAEST PURBA
Perorangan
MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini