PERANCANGAN ALAT BANTU MEMBUAT KAIN BATIK UNTUK MEMPERMUDAH PROSES PENCANTINGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN FOR ASSEMBLY (Studi Kasus Rumah Batik Komar)

HANDINI OCTAFIA

Informasi Dasar

19.04.3344
658.575 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Batik Komar merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang batik tulis dan cap yang berada di Bandung, Jawa Barat. Pada produksi rumah batik komar terdapat beberapa produksi seperti batik tulis, batik cap dan produksi pakaian seeperti kemeja lengan pendek dan lengan panjang dari kain batik, scarf, kain panjang dan aksesoris seperti iket sunda. Kain batik yang diproduksi oleh batik komar memiliki beberapa ukuran yaitu 2 m x 2 m, ukuran 2,5 m x 2,5 m dan ukuran 2,75 m x 2,75 m. Pada proses mencanting, setiap operator membutuhkan lebih kurang 2.662 ml pada saat mencanting kain batik dengan kapasitas dari nyamplungan eksisting adalah 9 ml dengan proses persiapan untuk membatik yang cukup rumit maka dibutuhkan usulan untuk mempersingkat proses produksi agar lebih cepat serta mempermudah proses membatik dengan menggunakan metode Design for Assembly untuk mendapatkan hasil desain yang lebih sederhana dan mudah dirakit. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pada analisis Design for Assembly, untuk desain usulan canting membatik tulis memiliki kapasitas 20 ml dan dapat digunakan dalam waktu kurang dari 21.600 detik. Canting usulan membutuhkan 10 komponen dengan nilai efisiensi perakitan produk usulan menghasilkan sebesar 32,63 % dan membutuhkan waktu 91.95 detik. Perubahan desain mempengaruhi proses perakitan sehingga ada waktu yang dapat dikurangi atau waktu simpan sebesar 50,25 detik sehingga dapat disimpulkan lebih baik daripada desain referensi.

Subjek

PRODUCT DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN ALAT BANTU MEMBUAT KAIN BATIK UNTUK MEMPERMUDAH PROSES PENCANTINGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN FOR ASSEMBLY (Studi Kasus Rumah Batik Komar)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANDINI OCTAFIA
Perorangan
Sri Martini, Mira Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini