Pengaruh Intellectual Capital dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Industri Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)

AYU ANJANI

Informasi Dasar

19.04.3356
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Memaksimalkan nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan perusahaan. Tingginya nilai perusahaan menandakan bahwa perusahaan mampu menjaga kelangsungan usaha dan mampu meningkatkan kesejahteraan para pemegang saham. Sehingga para investor tertarik untuk menanamkan modalnya pada perusahaan yang memiliki nilai perusahaan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital (VACA, VAHU, STVA) dan ukuran perusahaan (Ln of Total Asset) terhadap nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 18 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun, sehingga diperoleh 72 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan value added capital employed (VACA), value added human capital (VAHU), structural capital value added (STVA) dan ukuran perusahaan (Ln of Total Asset) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Secara parsial value added capital employed (VACA) berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan. Value added human capital (VAHU) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Structural capital value added (STVA) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan (Ln of Total Asset) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi perlu meningkatkan pengelolaan atas value added capital employed (VACA) dengan baik agar dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Intellectual Capital dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Industri Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYU ANJANI
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini