PENGARUH TAX AVOIDANCE TERHADAP COST OF DEBT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017)

SALSABILLA TAHAANII

Informasi Dasar

19.04.3368
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Cost of Debt merupakan biaya yang timbul akibat adanya utang, jika utang terus bertambah maka perusahaan akan ada pada kondisi extreme leverage yang akan menimbukan keraguan pada publik terhadap perusahaan, dan perusahaan akan mengalami masalah dalam liquiditas dalam perusahaan sehingga perusahaan akan memasuki financial distress. Menurut (Modigliani & Miller, 1963), bahwa biaya hutang dapat menadi pengurang dalam perhitungan pajak. Penelitian ini menggunakan variabel Cost Of debt sebagai variabel dependen, dan menggunakan variabel Tax Avoidance dengan proksi Book Tax Difference dan Effective Tax Rate sebagai variabel Independen, serta menggunakan variabell Profitabilias, Leverage, dan Size sebagai variabel control. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 159 data sampel. Hasil penelitian menunjukkan Tax Avoidance dengan proksi BTD menunjukkan pengaruh secara negative terhadap cost of debt, serta variabel Tax Avoidance dengan proksi ETR menunjukkan pengaruh secara negative terhadap cost of debt. Penelitian selanjutnya dapat melakukan perluasan pada objek penelitian pada sektor lainnya selain pada sektor manufaktur, bagi manajemen dan perusahaan dapat menimbang penggunaan Tax Avoidance dalam menjalankan kegiatan usaha, bagi kreditor dapat melihat Tax Avoidance pada perusahaan dalam pengambilan keputusan terkait pemberian kredit.

Kata Kunci: Tax Avoidance, Book Tax Difference, Effective Tax Rate, Cost of Debt, Leverage, Profitabilitas, Size

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH TAX AVOIDANCE TERHADAP COST OF DEBT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABILLA TAHAANII
Perorangan
DUDI PRATOMO, KURNIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini